Mudik Pakai Mobil Mewah, Kenyamanan atau Gengsi?

Mobil apa yang tepat untuk mudik ke kampung halaman? Apakah cukup pakai Avanza atau harus pakai SUV seperti Fortuner?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 28 Mei 2019  |  04:59 WIB
Mudik Pakai Mobil Mewah, Kenyamanan atau Gengsi?
Mobil Toyota All New Voxy dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Tangerang Banten, Jumat (11/8). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang Hari Raya Idulfitri masyarakat Indonesia umumnya melakukan perjalanan menuju kampung halaman alias mudik.

Rencana mudik bersama keluarga dengan menempuh perjaanan jauh melalui jalur darat, mobil bisa menjadi salah satu moda transportasi yang pas sekaligus hemat. Apalagi tiket transportasi umum sudah melambung.

Menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang kampung atau mudik, sepertinya bisa menyenangkan. Apalagi dengan ketersediaan infrastruktur darat yang memadai. Tak hanya itu waktu yang dipakai juga cukup fleksibel.  

Supaya perjalanan tetap menyenangkan,  nyaman dan aman, pilihan mobil untuk mudik juga perlu menjadi perhatian.

Untuk mudik bersama keluarga, Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan merekomendasikan jenis mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), dengan dalih MPV memiliki kapasitas penumpang yang banyak dan bagasi yang lebar.

“Karena saat mudik itu kebutuhannya adalah fungsi. Inginnya bisa bawa barang dan bisa bawa penumpang juga, misal hingga 7 orang,” jelasnya.

Dari segi daya tahan mobil, lanjutnya, juga perlu diperhatikan. Apalagi, ketika mudik medan yang dihadapi bervariasi. Misalnya saja, jalanan dengan tanjakan atau turunan yang curam. Sehingga fitur kesalamatan juga menjadi kunci pertama.

“Buat apa pulang kampung jalan rame-rame jika nggak selamat sampai tujuan,” katanya.

Menurutnya, jenis mobil MPV Toyota Avanza sudah cukup ideal  digunakan untuk mudik. Namun, apabila konsumen membutuhkan mobil MPV di atas level Avanza, Toyota Kijang Innova bisa menjadi pilihan karena memiliki kemampuan yang tangguh. Apalagi saat ini penumpang juga  ingin mempertahankan gengsi mereka. Secara harga dapat mencerminkan status sosial mereka.

“Kemampuan [mobil] bisa dicerminkan dari mesin. Kijang Innova memiliki mesin diesel 2500CC, bensin 2000CC, Jadi meskipun di kondisi jalan tanjakan dia [Kijang Innova] pilihan terbaik,” jelasnya.

Dari sisi interior, lebih memberikan kenyamanan dan menghilangkan rasa bosan anak saat perjalanan, MPV sekelas Innova ke atas memiliki fitur connection link, atau tambahan monitor di kursi belakang, sehingga bisa menonton atau bermain game di layar mobil.

Karena kenyamanan tersebut, tidak mengherankan Kijang Innova banyak digemari. Namun, untuk orang yang memiliki jabatan atau level yang lebih tinggi, minimum mereka lebh memilih Toyota Voxy sampai dengan Toyota Alphard untuk kelas MPV premium.

Sementara untuk jenis mobil Sport Utility Vehicle (SUV), lanjutnya  Toyota Rush hingga Fortuner bisa saja menggantikan MPV Kijang Innova untuk aktivitas yang sama. Apalagi untuk memenuhi kebutuhan status sosial yang lebih tinggi. Namun saat mudik tiga unsur yang harus dimiliki mobil adalah kebutuhan mesin yang handal, keamanan dan kenyamanan ketika berkendara.

“Rush belum bisa menggantikan MPV Kijang Innova. SUV jarang menjadi pilihan untuk mudik , karena lebih baik dengan mobil yang memiliki ground clearance yang rendah seperti sedan,” jelasnya.

Menurut Soerjo, fortuner sebenarnya hanya sebagai mobil additional atau replacement car. Sehingga mobil jenis itu hanya untuk menunjukan status pemiliknya, sama seperti Voxy bahkan Alphard, namun dari jenis mobil SUV.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif, Mudik Lebaran

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top