Anda Sulit Tidur? Bisa Jadi karena Kurang Vitamin

Pola makan dan pola tidur terkait satu dengan yang lain. Artinya pemenuhan nutrisi pasti mempengaruhi tidur.
Tika Anggreni Purba | 04 Juni 2019 12:44 WIB
Wanita membutuhkan tidur lebih lama dibanding pria - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pola makan dan pola tidur terkait satu dengan yang lain. Artinya pemenuhan nutrisi pasti mempengaruhi tidur.

 Salah satu nutrisi penting yang mempengaruhi kualitas tidur adalah vitamin. Beberapa jenis vitamin dapat mempengaruhi gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea.

Laporan Psychology Today menyebutkan bahwa kekurangan vitamin tertentu menyebabkan gangguan tidur. Berikut ini penjelasannya.

1.Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam kesehatan tulang, mendukung fungsi kekebalan tubuh, membantu melawan peradangan, dan mengatur suasana hati. Kekurangan vitamin D terkait pada durasi tidur yang pendek. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D juga meningkatkan risiko sleep apnea. Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari. Tubuh memproduksi vitamin D sebagai respons terhadap paparan sinar matahari.

2.Vitamin E

Jenis vitamin ini adalah sumber antioksidan yang membantu menjaga fungsi sel dan melindungi sel dari kerusakan. Vitamin E juga menjaga kekebalan tubuh. Dengan antioksidannya yang tinggi, vitamin E dapat membantu masalah tidur dengan cara melindungi kesehatan dan fungsi otak.

Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur karena masalah pikiran yang terkait dengan fungsi otak. Kurang tidur juga dapat mengganggu aktivitas hippocampus di otak.

Makanan yang mengandung vitamin E adalah kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, brokoli, tomat, jagung, dan minyak kedelai.

3.Vitamin C

Vitamin C paling berperan dalam sistem imun. Asupan vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, juga membuat kolagen. Vitamin C berkaitan dengan kualitas tidur karena kandungan antioksidannya. Konsumsi vitamin C mengurangi gejala sleep apnea. Kombinasinya dengan vitamin E dapat meningkatkan kualitas tidur. Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, brokoli, kol, kangkung, bayam, cabai, dan kiwi banyak mengandung vitamin C.

4.Vitamin B6

Vitamin B terlibat banyak dalam fungsi tubuh seperti mendukung sistem imun, mempengaruhi fungsi kognitif, membantu tidur lebih nyenyak, dan mempengaruhi mimpi. Kekurangan vitamin B6 berkaitan dengan gejala insomnia dan depresi. Hal ini terkait dengan kemampuan vitamin B6 dalam memproduksi hormon serotonin dan melatonin yang penting untuk tidur yang berkualitas. Konsumsilah susu, telur, keju, ikan, pisang, wortel, bayam, dan kenyang dapat menjadi sumber vitamin B6.

5.Vitamin B12

Vitamin B12 mempengaruhi fungsi otak sehingga berdampak pula pada kualitas tidur. Kekuarangan vitamin B12 membantu agar ritme sirkadian tetap sinkron. Makanan sumber vitamin B12 adalah protein hewani, susu, telur, daging, ikan, dan kerang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
vitamin c, nutrisi, tidur

Sumber : Psychologytoday.com

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top