3 Lokasi Butuh Perhatian Khusus Saat 'Open House' Lebaran

Ketiga lokasi ini perlu mendapatkan perhatian khusus agar para tamu yang hadir dapat merasa nyaman saat berkumpul bersama.
3 Lokasi Butuh Perhatian Khusus Saat 'Open House' Lebaran Dewi Andriani | 04 Juni 2019 06:41 WIB
3 Lokasi Butuh Perhatian Khusus Saat 'Open House' Lebaran
Cat warna merah dipadukan dengan warna lain bisa menjadi pilihan interior saat Lebaran. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Momen Hari Raya Idulfitri sering dijadikan sebagai ajang silaturhami bersama sanak saudara. Banyak hal yang harus dipersiapkan saat akan menjamu tamu yang hadir ke rumah. Bukan hanya soal makanan, tetapi juga penataan ruangan mulai dari ruang tamu, ruang makan, hingga teras.

Ketiga lokasi ini perlu mendapatkan perhatian khusus agar para tamu yang hadir dapat merasa nyaman saat berkumpul bersama. Namun, sebelum menata dan mempersiapkan segala sesuatu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi jumlah tamu serta siapa saja yang bakal berkunjung ke rumah.

Abimantra Pradhana, Arsitek dari AGo Architecture, mengatakan identifikasi tersebut perlu dilakukan agar sang pemilik rumah dapat mengatur dan menata dekorasi rumah secara tepat.

Menurutnya, pemilihan dekorasi yang tepat akan mewarnai momen Idulfitri sekaligus memberi kenyamanan saat berkumpul. Dekorasi rumah bisa berasal dari karpet, gorden, hingga tanaman.

“Dekorasi bisa juga dalam bentuk tanaman hias. Pilih tanaman berukuran medium yang bisa memberi pandangan yang menyegarkan di dalam rumah. Untuk posisisnya bisa diletakkan pada bagian pojok ruangan,” tutur Abimantra.

Agar ruangan terasa lebih lapang beberapa furniture bisa disimpan terlebih dahulu, dan untuk makanan bisa diposisikan di bagian pojok.

Selain beberapa furniture, benda-benda lain yang sebaiknya harus dihindari dan disingkirkan sejenak saat hari raya adalah barang-barang yang sifatnya perintilan dan mudah pecah seperti kristal. Dengan demikian rumah akan terasa lebih luas dan nyaman digunakan untuk bersilaturahmi.

Teras

Ruangan lain yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah teras, karena biasanya ketika open house jumlah tamu yang hadir cukup banyak, sehingga tidak sedikit yang memilih untuk duduk-duduk di teras rumah.

“Biasanya tamu akan habiskan waktu yang cukup lama juga di bagian luar rumah sehingga perlu memastikan kondisi di teras ini tetap rapid an tertata. Dinding dicat biar lebih enak dilihat, serta pastikan lantai jangan sampai ada yang bolong atau rusak. Selain itu, bisa juga menambah beberapa jenis tanaman di halaman rumah.”

Untuk pilihan warna sendiri, dia menyarankan agar membatasi 3 hingga 4 warna saja seperti warna putih sebagai lambang kesucian, serta hijau, biru, dan warna alam. Ketika Hari Raya orang datang dengan baju yang beragam dan warna-warni, jadi batasi pemilihan warna jangan sampai terlalu banyak.

Pilihan Warna : Putih, Hijau, Biru

Hindari : Barang-barang printilan yang mudah pecah

Dekorasi : Gorden, Bantal, Tanaman Hias

Manfaatkan Pojok Ruangan untuk Dekorasi

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lebaran, idul fitri, Desain Interior

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top