6 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Pernahkah Anda merasa menjadi satu-satunya orang yang hidup dalam kekacauan, sedangkan orang lain di luar sana hidup dengan nyaman, bangga, dan bebas?
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 15 Juni 2019  |  10:54 WIB
6 Cara Menjaga Kesehatan Mental
Ilustrasi - Clapway

Bisnis.com, JAKARTA—Pernahkah Anda merasa menjadi satu-satunya orang yang hidup dalam kekacauan, sedangkan orang lain di luar sana hidup dengan nyaman, bangga, dan bebas? Jika ya, Anda tidak sendiri. Manusia memang memiliki pergulatan internal dalam dirinya yang sulit untuk diungkapkan, namun sangat mempengaruhi kehidupannya. Bagaimana seseorang mengenali dan mengendalikan kondisi internalnya, itulah yang disebut dengan kesehatan mental.

Siapa saja dapat mengalami problem dalam kesehatan mentalnya. Tercatat, 1 dari 5 orang diprediksi mengalami penyakit mental, baik ringan maupun berat. Stigma penyakit mental jangan melulu dianggap tabu, karena siapa saja bisa mengalami gangguan mental.

Karena masalah mental bisa terjadi pada siapa saja, alangkah baiknya untuk mengetahui bagaimana caranya meningkatkan kesehatan mental. Berikut ini cara meningkatkan kesehatan mental menurut Psychology Today:

1.  Persahabatan dengan hewan peliharaan

Banyak orang yang mengalami penyakit mental menjadi terisolasi secara sosial sehingga memiliki hewan peliharaan dapat memberi kasih sayang dan persahabatan tanpa menghakimi. Memiliki hewan peliharaan juga dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan hormon oksitosin.

2.  Spiritualitas

Spiritualitas bukan saja berbicara soal agama dan lembaga. Spiritualitas menjadi bermanfaat bagi kesehatan mental apabila diekspresikan dengan benar. Spiritulitas pada setiap orang bisa saja berbeda, sebagian merasa tenang dengan agama, sebagian lagi memilih menjalin hubungan dengan manusia dan Tuhan dengan caranya sendiri.

3.      Humor

Tawa dan humor dapat memberikan dampak positif pada kesehatan mental dan fisik.

Humor dan tawa dapat menghilangkan rasa sakit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu orang mengatasi stres, membangun hubungan dengan orang lain, dan meminbulkan emosi positif.

4.      Hidup dengan seimbang

Jam kerja yang panjang, hubungan yang terputus dengan teman, dan tidak memiliki waktu untuk menikmati hidup karena pekerjaan merupakan faktor tertinggi penyebab stres dan masalah kesehatan mental. Anda harus berani menetapkan batasan-batasan yang sehat untuk memperoleh keseimbangan hidup.

5.      Rekreasi

Aktivitas fisik seperti olahraga, rekreasi, kegiatan kreatif, dan sebagainya dapat meningkatkan kesehatan sosial, psikologis, dan fisik. Hal ini juga dapat memperluas jejaring sosial dan mengurangi isolasi sosial.

6.      Koneksi sosial

Terhubung dengan orang lain dalam komunitas dapat menolong Anda memperoleh kesehatan mental yang lebih baik. Pilihlah tempat di mana Anda dapat bertumbuh, entah itu komunitas sosial, menjadi sukarelawan, atau mengikuti kelas keterampilan. Apapun itu, berteman dengan lebih banyak orang akan menolong Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top