Pasangan kencan/boldsky.com
Relationship

Membangun Kepercayaan Dalam Hubungan Romantis

Tika Anggreni Purba
Kamis, 20 Juni 2019 - 11:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Bahkan dalam hubungan paling romantis sekalipun, tantangan terbesar adalah membangun kepercayaan. Manusia sering merasa cemas dalam hubungan karena kurangnya kepercayaan. Kepercayaan menjadi dasar perasaan positif dan kesetaraan dalam hubungan.

Apalagi dalam hubungan yang dibangun atas dasar komitmen, kepercayaan menjadi prinsip penting dalam hubungan. Intinya, kepercayaan adalah aspek penting dalam hubungan yang memuaskan dan bahagia dalam jangka panjang.

Bagaimana caranya menciptakan hubungan yang saling percaya? Berikut ini jawabannya berdasarkan Campbell dan Stanton (2019), dilansir Psychology Today:

1.      Membangun kepercayaan dalam perilaku

Rumus utama dalam membangun kepercayaan adalah tentang perilaku. Bagaimana Anda berdua membiasakan perilaku yang mengutamakan kesejahteraan hubungan, misalnya tidak egois, mementingkan kepentingan bersama, membangun keintiman, berkomunikasi dengan baik, peduli dengan kebutuhan emosional dan fisik pasangan, dan membangun kenyamanan.

2.      Menguji kepercayaan

Saat Anda ragu terhadap pasangan, Anda dapat mengujinya untuk melihat apakah dia benar-benar berkomitmen dalam hubungan. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah meminta pasangan untuk berinvestasi dan berkomitmen dari waktu ke waktu. Jika dia tampak egois dan kurang berkomitmen, saatnya berpikir ulang untuk mempertahankannya.

3.      Mengevaluasi kepercayaan

Setelah pasangan Anda lolos uji kepercayaan, penting mengambil langkah refleksi untuk mengevaluasi kepercayaan Anda dan juga pasangan Anda. Apakah masih saling memperhatikan, mementingkan kepentingan bersama, dan mengutamakan kebaikan hubungan?

4.      Menghargai kepercayaan pasangan

Jika satu sama lain telah saling percaya, tingkatkan terus dengan saling menghargai rasa percaya itu. Anda berdua dapat lebih fokus pada hal-hal baik dalam hubungan dan terus menciptakan rasa syukur dan terima kasih satu sama lain. Dalam membangun kepercayaan dibutuhkan kesabaran dan upaya dari kedua pasangan. Anda tidak bisa berjalan sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro