Tompi Mengaku 'Pelit' Dalam Memotret

Biasanya, Tompi menghabiskan cukup banyak waktu untuk observasi dan santai sejenak sambil menikmati lokasi untuk mendapatkan rasa dalam bidikannya.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 13 Juli 2019  |  16:03 WIB
Tompi Mengaku 'Pelit' Dalam Memotret
dr Tompi - instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Teuku Adifitrian atau Tompi memiliki hobi memotret di tengah kesibukannya menjadi penyanyi profesional dan sebagai dokter bedah plastik.

Dari balik lensa kamera, aktivitas hobi dan seni terus dikembangkannya.Pria asal Aceh ini tak asal memotret, meski diakui lebih sering dia membidik momentum secara acak.

Biasanya, Tompi menghabiskan cukup banyak waktu untuk observasi dan santai sejenak sambil menikmati lokasi untuk mendapatkan rasa dalam bidikannya.

"Saya menghabiskan cukup banyak waktu untuk observasi santai, jadi enggak langsung jepret-jepret. Ada senses yang saya suka, ada lighting and shadow yang empuk dan menarik. [Kalau sudah menemukan ini] biasanya saya lock posisinya dan tinggal menunggu waktu yang menarik lalu potret," katanya.

Bagi dia, untuk mengatur eksposur foto yang baik, sebaiknya sang pembidik sudah memahami dasar-dasar fotografi seperti mengukur cahaya, mengatur scene sekaligus objek utama.

Menurutnya, untuk menjadi fotografer profesional tidak harus menunggu momentum ataupun keajaiban terjadi, tetapi bagaimana mengolah rasa dan teknik sebagai dasarnya.

Tompi sering memotret objek dengan trik tersendiri yang acap kali dilakukan dengan pendekatan natural.

“Saya cukup pelit dalam memotret dan akan benar-benar menekan shutter bila sudah sesuai dengan kondisi yang saya suka. Kalau saya sudah niat sekali memotret, maka tangan saya akan terus di shutter dan dalam posisi menunggu," ungkapnya.

Tidak semua hasil bidikannya tersebut dikoleksi. Sebelum mengoleksi, dia bakal memilih foto terbaik dan menjadi favorit, kemudian sisanya langsung dibuang atau dihapus dari perangkat digital.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fotografi

Sumber : Koran Bisnis Indonesia

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top