4 Makanan Ini Wajib Dihindari Pria 40 Tahun ke Atas

Saat masa pertumbuhan, tidak ada batasan bagi orang-orang untuk mengonsumsi makanan.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 02 Agustus 2019  |  07:34 WIB
4 Makanan Ini Wajib Dihindari Pria 40 Tahun ke Atas
muffin cake . - www.wrightsflour.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Saat masa pertumbuhan, tidak ada batasan bagi orang-orang untuk mengonsumsi makanan.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia dan penurunan fungsi organ tubuh, beberapa makanan rupanya harus dihindari karena akan meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Khusus bagi pria di atas usia 40 tahun, berikut adalah empat makanan yang wajib disingkirkan dari piring, seperti dilansir dari Eat This dan The Daily Meal.

#Muffin dan cupcake
Makanan penutup dengan rasa manis ini tidak hanya disukai anak-anak tapi juga orang dewasa. Sayangnya, bagi pria berusia 40 tahun ke atas, sangat disarankan untuk mulai mengurangi bahkan menghindarinya sebab muffin dan cupcake mengandung tambahan gula dan lemak jenuh sehingga berisiko menaikkan kadar gula darah dan mengganggu kerja jantung.

#Daging panggang
Daging panggang alias steak adalah makanan utama yang sangat lezat. Sayangnya, ini harus dihindari oleh pria berusia 40 tahun ke atas sebab bahan dasar daging sendiri dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Lebih dari itu, proses pemanggangan juga dapat menghasilkan amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan kedua zat kimia ini disebut bisa mempercepat risiko kanker.

#Margarin
Sebagian besar margarin mengandung lemak jenuh yang dapat menyumbat arteri. Lebih dari itu, kandungan lain, yakni propilen glikol yang merupakan senyawa sintetis telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol dan menyebabkan kenaikan berat badan. Oleh karena itu, saat akan memasak, lebih baik ganti margarin dengan minyak sehat seperti minyak zaitun extra-virgin dan minyak kelapa.

#Pasta dan nasi putih
Meski baik dalam memenuhi karbohidrat pada tubuh, namun pasta dan nasi putih dikategorikan sebagai glikemik tinggi yang berarti keduanya dapat menyebabkan kadar gula darah naik dan turun dengan cepat. Bahkan, mengonsumsi terlalu banyak juga dapat menyebabkan penyakit metabolisme, seperti diabetes dan obesitas. Agar terhindar hari hal ini, ganti pasta dan nasi putih dengan roti gandum saja.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
makanan, pria, karbohidrat

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top