Insomnia ? Cobalah Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Sebuah penelitian menemukan bahwa mandi air hangat sekitar 90 menit sebelum tidur dapat membantu orang tertidur lebih cepat.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 07 Agustus 2019  |  18:43 WIB
Insomnia ? Cobalah Mandi Air Hangat Sebelum Tidur
Insomnia - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah penelitian menemukan bahwa mandi air hangat sekitar 90 menit sebelum tidur dapat membantu orang tertidur lebih cepat.

Dilansir dari Healthline, tim peneliti yang dipimpin oleh Shahab Haghayegh, seorang kandidat PhD di departemen teknik biomedis, The University of Texas Austin melakukan analisis data sistematis mengevaluasi penelitian yang mengaitkan mandi, suhu air, dan kualitas tidur.

Para peneliti meninjau 5.322 studi dan menggunakan berbagai metodologi yang kuat untuk membuat kesimpulan. Laporan ini diterbitkan dalam Sleep Medicine Review.

Menurut hasil penelitian, mandi satu hingga dua jam, idealnya 90 menit sebelum tidur di air pada suhu 104 hingga 109 ° F (40 hingga 43 ° C) dapat membantu orang mendapatkan kualitas tidur terbaik. 

Laporan tersebut mengeksplorasi efek bagaimana panas tubuh dapat memengaruhi kemampuan untuk tertidur. Mandi pada waktu dan suhu itu dapat membantu Anda tertidur rata-rata 10 menit lebih cepat dari biasanya.

Air panas pada dasarnya membantu mengubah suhu inti tubuh sehingga Anda tidur dengan suhu yang lebih rendah. Penurunan suhu membantu memberi sinyal kepada tubuh bahwa sudah waktunya tidur.

Namun, seorang profesor di Sekolah Keperawatan Universitas Pennsylvania Jianghong Lui mengatakan, jangan mandi terlalu dekat dengan jam tidur, karena hal itu mungkin tidak memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mendingin dan mungkin memiliki efek sebaliknya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tidur

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top