Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sayangi Parumu, Atasi Polusi Udara Dengan Cara Ini

Jika Anda sudah telanjur tinggal di daerah yang rentan dengan polusi udara, rasanya tidak mudah untuk pindah atau mencari tempat yang baru.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  12:40 WIB
ilustrasi masker KN95 - Istimewa
ilustrasi masker KN95 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Jika Anda sudah telanjur tinggal di daerah yang rentan dengan polusi udara, rasanya tidak mudah untuk pindah atau mencari tempat yang baru.

Mau tidak mau, Anda harus bertahan. Akan tetapi, apakah mungkin dapat tetap menjaga kesehatan paru jika tinggal di daerah yang rentan dengan polusi udara?

Dokter spesialis paru dan pernapasan konsultan paru kerja dan lingkungan Feni Fitriani Taufik dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru dari ancaman polusi udara:

1. Jalani pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga rutin untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Setop kebiasaan merokok. Udara yang kita hirup kualitasnya sudah sangat buruk, jangan diperparah dengan kebiasaan merokok.

3. Gunakan masker di luar rumah saat kualitas udara tidak sehat.  Masker yang ideal adalah dengan tipe N95 yang efektif menangkal partikel PM2.5 hingga 95 persen karena dilengkapi dengan lapisan penyaring khusus.

Penggunaannya harus secara benar, tidak ada kebocoran sehingga fungsi perlindungannya juga optimal. Namun, ada keterbatasan penggunaan masker N95 yaitu rasa tidak nyaman bagi penggunanya karena pemasangannya harus rapat.

4. Hindari terlalu lama berada di luar ruangan, terutama pada daerah berpolutan tinggi atau pada saat kadar polutan tinggi.

5. Anda bisa mengunduh aplikasi Air Visual atau semacamnya, sebelum bepergian ke suatu daerah untuk mengecek kualitas udara di daerah tersebut

6. Cek berkala kesehatan paru Anda.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gizi polusi udara
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top