Mengenalkan konsep uang pada anak/Reuters
Health

Ini Manfaat Ajarkan Anak Tentang Konsep Uang Sejak Usia 2 Tahun

Ria Theresia Situmorang
Rabu, 14 Agustus 2019 - 13:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebenarnya mudah untuk mengajarkan anak tentang uang. Berikut kutipan Jayne A. Pearl, penulis buku Kids and Money: Giving Them the Savvy to Succeed Financially.

Dikutip dari parents.com, Jayne mengatakan aktivitas mengenalkan uang pada anak sudah dapat dimulai dari kegiatan sehari-hari seperti kunjungan ke bank, mesin ATM, dan supermarket. Langkah berikutnya, orang tua dan anak bisa saling berdiskusi tentang nilai uang dan bagaimana menggunakannya.

Dorothy Singer, peneliti dan konsultan anak dari Yale University, Amerika Serikat bahkan menyarankan agar konsep uang mulai dikenalkan saat anak berusia 2 hingga 3 tahun melalui sebuah permainan.

“Meskipun anak di usia sangat muda belum terlalu mengerti tentang nilai uang, mereka bisa mulai belajar membedakan koin,” ungkapnya.

Selain itu, Dororthy menyarankan orang tua dan anak usia batita bermain supermarket mini.

Di usia dua hingga tiga tahun, anak umumnya menyukai permainan yang imajinatif. Mengenalkan konsep uang melalui permainan jual beli barang layaknya di supermarket menjadi media edukasi bagi anak.

“Dengan bermain menukarkan koin mainan dengan barang, anak akan mulai mengerti tentang konsep perdagangan dasar. Gunakan kotak sereal, buah atau daging sebagai barang yang diperjualbelikan dalam permainan supermarket mini," tutup Dorothy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro