Aktor Hollywood Peter Fonda Meninggal pada Usia 79 Tahun

Aktor nominasi Oscar, Peter Fonda, meninggal pada usia 79, Jumat 16 Agustus 2019.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 18 Agustus 2019  |  16:50 WIB
Aktor Hollywood Peter Fonda Meninggal pada Usia 79 Tahun
sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Aktor nominasi Oscar, Peter Fonda, meninggal pada usia 79, Jumat 16 Agustus 2019. Fonda memerankan pengendara sepeda motor yang keren dan introspektif dalam film Easy Rider (1969).

Dalam sebuah pernyataan, keluarga menyatakan, Fonda yang merupakan putra dari aktor Hollywood Henry Fonda, meninggal di rumahnya di Los Angeles pada Jumat pagi karena gagal pernapasan akibat kanker paru-paru.

"Dengan kesedihan yang mendalam, kami berbagi berita bahwa Peter Fonda telah meninggal. Sementara kami berduka atas kehilangan pria yang manis dan ramah ini, kami juga berharap agar semua orang merayakan semangatnya yang tak tergoyahkan dan cinta kehidupan,” kata pernyataan keluarga itu, dilansir Reuters, Minggu (18/8/2019).

Fonda memainkan Wyatt pengembara di Easy Rider, musuh aktor Dennis Hopper yang ikut membintangi sebagai sesama pengendara motor bernama Billy.

Dalam film tersebut, Wyatt dan Billy berangkat dengan sepeda motor mereka untuk menemukan Amerika dan mengalami sejumlah kesalahan, berteman dengan seorang pengacara yang diperankan oleh Jack Nicholson, sebelum menemui kematian yang kejam.

"Easy Rider," dengan naskah yang ditulis bersama oleh Fonda, membantu mengantar industri film Amerika dalam periode yang dikenal sebagai era "New Hollywood", yang sering menghindari akhir yang bahagia.

Fonda dinominasikan untuk Academy Award untuk karyanya pada naskah "Easy Rider". Dia mencapai puncak karir kedua ketika dinominasikan untuk aktor terbaik Oscar untuk perannya sebagai peternak lebah di drama "Ulee's Gold" (1977).

Penampilan filmnya yang terkenal lainnya termasuk peran pendukung dalam pembuatan ulang film barat 3:10 to Yuma dan fantasi-aksi Ghost Rider, yang keduanya keluar pada 2007.

Peter Fonda, lahir pada 1940 di New York City. Dia kehilangan ibunya, Frances Ford Seymour, sebagai seorang anak ketika perempuan bunuh diri.

Fonda kemudian mengatakan dalam wawancara dia tidak tahu kematian ibunya karena bunuh diri sampai bertahun-tahun kemudian. Almarhum Henry Fonda, yang selama hidupnya memiliki lima istri, sebelumnya memberi tahu Seymour bahwa dia ingin bercerai.

Tumbuh dewasa, Peter Fonda menimba ilmu di sejumlah sekolah asrama dan mengalami cedera serius ketika dia secara tidak sengaja menembak dirinya sendiri dengan senapan pada usia 11 tahun.

Dia mengagumi ayahnya, bintang film seperti The Grapes of Wrath dan 12 Angry Men, tetapi kemudian menggambarkannya sebagai sosok yang tidak memiliki kedekaran secara emosional dengan putranya.

Peter Fonda meninggalkan seorang istri Margaret DeVogelaere dan anak-anaknya bersama mantan istrinya Susan Brewer, Bridget dan Justin Fonda. Kedua anak itu juga pernah bekerja di Hollywood.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aktor

Sumber : Reuters

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top