Ini Peran Suami untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Suami memiliki peran yang sangat penting sebagai komponen utama pendukung ibu hamil. Berikut ini penjelasannya
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 17 September 2019  |  17:41 WIB
Ini Peran Suami untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Sumber foto: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Ibu hamil sangat membutuhkan dukungan suami selama mengandung janinnya. Beberapa tindakan yang mungkin dinilai sepele oleh suami bisa jadi dukungan besar bagi sang ibu yang tengah mengandung. 

Psikolog Keluarga dan Anak dari Tiga Generasi Putu Andani mengatakan, perempuan hamil sangat rentan mengalami stress karena perubahan alami yang terjadi. Stress berlebihan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan ibu hamil dan janinnya. Untuk itu, dibutuhkan peran suami untuk mendukung istrinya agar tetap bisa mengelola tingkat stressnya. 

"Suami harus paham tentang makna kehamilan, walaupun istri yang mengandung, tetapi hamil itu dialami  berdua bersama suami," ujarnya pada Selasa (17/9/2019).

Jika suami sudah memiliki pemikiran kehamilan dialami bersama istri, maka ibu hamil akan merasa memiliki partner sejati untuk menghadapi kehamilan yang penuh tantangan.

Putu mencontohkan, beberapa dukungan yang bisa dilakukan suami kepada istrinya yang tengah mengandung, yakni mengambil keputusan bersama, kontrol rutin bersama, mendegarkan keluh kesah isrti secara simpatik, dan membantu hal-hal sulit hingga hal sepele lainnya.

“Peran suami ini sangat vital. Sebuah penelitan menunjukkan dukungan suami dapat meningkatkan kondisi kehamilan ibu dibandingkan dukungan orang terdekat lainnya,” imbuhnya.

Selain suami, ada beberapa komponen pendukung ibu hamil lainnya, yakni keluarga dan kerabat dekat. Putu menyarankan, keluarga dan kerabat bisa mengajak ibu hamil melakukan aktivitas yang menarik dan tidak menyinggung berbagai hal negatif terkait kehamilan.

"Ibu hamil juga jangan berpikir terlalu jauh dan berlebihan, serta bersikap terbuka dengan orang-orang terdekatnya," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ibu hamil

Editor : Surya Rianto
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top