4 Manfaat Memijat Bayi Setiap Hari

Jangan remehkan khasiat pijatan pada bayi setiap hari, karena komunikasi Anda dengan si kecil dapat dimulai dengan sentuhan cinta tersebut.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 07 Oktober 2019  |  06:44 WIB
4 Manfaat Memijat Bayi Setiap Hari
Pijat bayi - maisiepopins.com

Bisnis.com, JAKARTA - Jangan remehkan khasiat pijatan pada bayi setiap hari, karena komunikasi Anda dengan si kecil dapat dimulai dengan sentuhan cinta tersebut.

Sebelum bayi belajar berbicara, umumnya hanya bisa memberikan signal melalui sentuhan di sekitar mereka.Maka dari itu, memijat adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengannya sebelum dapat berbicara.

Pijatan lembut tidak hanya akan membuat hubungan Anda dan si kecil semakin erat, namun bayi juga akan merasa hangat dan dicintai karena hal ini. 

Dikutip dari Times of India, berikut adalah 4 alasan mengapa Anda perlu memijat bayi setiap hari:

1. Memperlancar pencernaan

Ketika Anda memijat bayi, ini artinya Anda juga dapat memperlancar pencernaan si kecil. Bayi yang mendapatkan pijatan setiap harinya biasanya terhindar dari konstipasi atau susah buang air besar. 

Pijatan setiap harinya juga diketahui dapat mengeluarkan gas dari dalam tubuh si kecil, termasuk juga menghindari gejala masuk angin. 

2. Menambah berat badan

Ketika Anda memijat bayi di area perut secara benar, hal ini bisa membuat peningkatan daya serap pada sistem pencernaannya. Hal ini yang kadang membuat berat badan bayi bertambah seiring berjalannya waktu. Beberapa studi juga sudah membenarkan tentang efek pijatan setiap harinya dengan penambahan berat badan. 

3. Membantu bayi rileks

Jika bayi terlihat rewel beberapa hari terakhir, usahakan untuk mulai rutin memijatnya. Umumnya, pijatan yang lembut dapat membantunya lebih tenang.

Hal ini terjadi karena kegiatan memijat membuat hormon 'rileks' pada bayi meningkat dan membantu bayi merasa lebih tenang. 

4. Membantu memahami bayi

Jika banyak menghabiskan 'quality time' dengan si kecil, Anda akan mengerti kebiasaan kecil, dan Anda akan belajar bagaimana mengendalikan emosi bayi, serta menyadari apa yang diperlukan si kecil. 

Ingat, Anda tidak disarankan untuk memijat bayi 45 menit setelah ia makan. Pilihlah waktu dimana ia bisa rileks dan dalam keadaan yang tidak terlalu kenyang, sehingga pijatan Anda akan terasa maksimal.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pijat bayi, bayi

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top