3 Tips dan Trik Gunakan Smartphone untuk Foto Konser

Smartphone menjadi salah satu solusi terbaik yang dihadirkan oleh kemajuan teknologi agar penonton maupun fotografer profesional dapat mengambil gambar yang baik pada saat konser.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 27 Oktober 2019  |  10:46 WIB
3 Tips dan Trik Gunakan Smartphone untuk Foto Konser
Duo Musisi Endah N Rhesa. - Dok Shopee Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan semakin banyaknya musisi tanah air hingga mancanegara yang datang untuk menyelenggarakan konser, semakin meningkat pula tren untuk pengambilan gambar pada saat konser.

Seperti halnya dalam waktu dekat, Shopee, e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan akan menghadirkan pertunjukan langsung girlband ternama yang berasal dari Korea yaitu GFRIEND di Jakarta, tepatnya pada tanggal 10 November 2019.

Mengabadikan momen khususnya pada saat konser diakui memiliki tantangan sendiri karena batasan-batasan yang dimiliki hingga objek yang bergerak dengan dinamis. Salah satunya tidak jarang peraturan konser yang tidak memperbolehkan untuk membawa kamera profesional atau mirrorless sekalipun.

Sehingga, smartphone menjadi salah satu solusi terbaik yang dihadirkan oleh kemajuan teknologi agar penonton maupun fotografer profesional dapat mengambil gambar yang baik pada saat konser.

Romi Hidayat dari Droidlime, Ardianto founder Foto Konser dan duo musisi Endah N Rhesa, dikutip dari siaran pers Shopee Indonesia, berkesempatan memberikan tips dan trik agar Anda bisa membidik gambar terbaik dalam konser dengan uraian sebagai berikut:

1. Memilih Kamera HP

Langkah awal yang penting adalah mengetahui kebutuhan sehingga dapat mencari smartphone yang cocok. Resolusi menjadi salah satu patokan utama dalam menentukan kualitas kamera yang berujung pada hasil.

Dengan perkembangan smartphone saat ini, beberapa produk memiliki lebih dari satu lensa, maka dari itu disarankan untuk mengonfigurasi mana yang cocok untuk kebutuhan.

Berikutnya, ketahuilah jenis sensor dan fitur penunjang, dimana hal ini menjadi sangat penting karena akan memberikan solusi atau jawaban untuk tantangan-tantangan foto pada saat konser.

 2. Carilah Referensi

Melakukan research atau mencari referensi sebelum datang ke konser tersebut merupakan persiapan yang sangat penting.

Dengan pencahayaan yang tidak menentu hingga ketidaktahuan akan apa yang akan terjadi, mencari referensi atau melihat video konser sebelumnya dapat memberikan pengetahuan akan pattern lighting, setting panggung, gerakan musisi tersebut sampai setlist lagu yang akan dibawakan.

 3. Memaksimalkan kualitas foto

Memastikan cahaya, jarak fokus hingga kestabilan memang tidak mudah dengan gerakan dinamis dan ragam pencahayaan dalam konser.

Tetapi dengan menguasai dan mengetahui fitur penunjang dari smartphone yang dimiliki dapat membantu mengatur jarak fokus dan kestabilan.

Selain itu, dapat memprediksi mode apa yang harus digunakan saat mendapatkan kondisi cahaya yang sangat terang atau gelap sekalipun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ponsel, fotografi

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top