Toilet/Istimewa
Health

Toilet Kering atau Basah, Mana yang Lebih Sehat?

Ria Theresia Situmorang
Senin, 18 November 2019 - 16:16
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Manakah yang lebih sehat, toilet kering atau basah? Menanggapi pertanyaan tersebut dokter mikrobiologi klinis, Dr. dr. Wani Gunardi punya jawabannya. 
 
Ditemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan pada Senin (18/11/2019), Wani menyebut bakteri senang berada di lingkungan yang lembab sehingga toilet kering lebih sehat dibanding toilet basah.  
 
"Bakteri senang di lingkungan yang lembab, toilet kering akan lebih baik, daripada toilet basah. Oleh karena itu upayakan toilet itu kering, dan sering dibersihkan," ungkap Wani, Senin (18/11/2019). 
 
"Lebih bagus toilet kering, karena basah berkemungkinan lembab, dan bakteri cenderung suka di lingkungan lembab, berair. Kalau kondisi kering lebih mudah mati," sambungnya. 
 
Mengenai durasi seberapa sering toilet dibersihkan, lanjut Wani, walaupun jenis toiletnya kering, jika tidak sering dibersihkan bakteri terus akan tumbuh. 
 
Ia juga menyarankan meski toilet dan wc disatukan, Wani berharap, kondisi kamar mandi diusahakan kering agar bakterinya tidak menyebar. 
 
"Upayakan kering [wc dan toilet]. Jadi jangan dibiarkan karena kalau basah nanti akan ada lendir, kaya agak licin. Nah, itu membentuk biofilm kalau sudah membentuk itu bakterinya ngumpet dibersihin kaya hilang padahal masih ada gitu," ungkapnya. 
 
Ia juga berujar, tanda kamar mandi sudah berbahaya bagi kesehatan adalah jika kotoran sudah berkerak dan berbau. Hal ini akan menandakan bakteri dan kotoran akan lebih mudah menempel.
 
"Yang tadi pasti ada bau berkerak, itu sarang bakteri dan virus di tempat bau dan berkerak jadi hindari kerak. Di tempat yang permukannya tidak rata itu akan lebih mudah nempel bakteri dan kotoran," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro