Belajar Mencintai Diri Sendiri

Anda tidak dapat mencintai orang lain sampai Anda belajar untuk mencintai diri sendiri.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 November 2019  |  10:58 WIB
Belajar Mencintai Diri Sendiri
Ilustrasi - Fitnistics

Bisnis.com, JAKARTA - Anda tidak dapat mencintai orang lain sampai Anda belajar untuk mencintai diri sendiri.

Sebagian besar dari kita tahu apa itu cinta diri sendiri tetapi tidak memahaminya. Anda makan karena Anda mengerti bahwa Anda membutuhkan makanan. Sangat menyedihkan bahwa kebanyakan dari kita berusaha untuk menaklukkan pertempuran eksternal seperti menemukan cinta, menemukan kesuksesan, atau menemukan kebahagiaan, tetapi kita tidak mengerti bahwa cinta diri sendiri adalah akar dari mana segala sesuatu tumbuh.

Bagaimana kita dapat mencintai orang lain secara efektif sebelum kita belajar untuk mencintai diri sendiri tanpa syarat? Ketika Anda mencintai diri sendiri secara kondisional, Anda tidak dapat mencintai orang lain tanpa syarat, karena mengapa memberi orang lain sesuatu yang tidak Anda miliki? Pemahaman kita tentang cinta-diri sendiri dipelajari selama masa kanak-kanak dari orang-orang yang merawat kita. Dalam kebanyakan kasus, itu diajarkan secara tidak sadar.

Mencintai diri sendiri lebih dari sekadar mengenakan pakaian bagus dan mengoleskan riasan mahal dan kemudian mengklaim bahwa Anda mencintai diri sendiri. Cinta-diri sendiri adalah istilah umum untuk berbagai tindakan cinta kasih yang kita lakukan terhadap diri kita secara fisik dan non-fisik.

Ada banyak orang berpakaian bagus yang saya tahu tidak tahu apa artinya mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan mementingkan diri sendiri, itu adalah tindakan kebaikan terhadap orang lain karena ketika Anda mencintai diri sendiri, orang lain tidak harus berurusan dengan masalah Anda yang belum terselesaikan.

Cinta diri sendiri terdiri dari empat aspek: kesadaran diri, harga diri, kenyamanan diri dan perawatan diri.

Jika ada yang hilang, maka Anda tidak sepenuhnya memiliki cinta diri sendiri. Untuk memilikinya, kita harus disejajarkan dengan empat aspek ini.

Kesadaran diri

Kesadaran diri merupakan bagian dari proses berpikir Anda, bagaimana mereka memengaruhi emosi Anda, dan bagaimana emosi menyebabkan Anda bertindak. Apakah Anda sadar akan pemikiran yang membuat Anda merasa marah dan membuat Anda bertindak impulsif?

Dari mana mereka berasal, dan mengapa mereka ada di sana? Mengapa mereka menyebabkan Anda bertindak seperti itu? Hal yang sama berlaku untuk apa yang membuat Anda bahagia. Mengapa itu membuatmu bahagia?

Melangkah keluar dari diri Anda untuk memeriksa diri sendiri. Kesadaran diri adalah kunci kecerdasan emosional. Apa yang membuat Anda marah mungkin tidak berhenti membuat Anda marah, tetapi Anda akan tahu bagaimana merespons secara efektif atau bagaimana tidak merespons sama sekali.

Orang dengan kecerdasan emosi tinggi memiliki emosi seperti kita. Tetapi mereka keluar dari emosi mereka untuk memprosesnya secara efektif. Ini juga termasuk pindah atau menghindari situasi yang Anda tahu akan memicu perasaan dan reaksi tertentu yang tidak diinginkan dalam diri Anda.

Jika Anda tidak dapat menjauh atau menghindari situasi, kesadaran diri memungkinkan Anda untuk mengarahkan kembali energi yang Anda masukkan ke dalam emosi itu. Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran diri Anda adalah dengan membuat jurnal pemikiran, emosi, dan tindakan Anda.

Harga diri

Karena program negatif terus-menerus yang kita hadapi dalam masyarakat, kita fokus pada hal-hal buruk dan tidak menyenangkan dan memproyeksikan hal negatif ini pada diri kita begitu sering tanpa menyadarinya.

Anda dilahirkan dengan potensi yang tak berujung; Anda memilikinya sekarang dan Anda akan memilikinya sampai hari Anda mati. Sama seperti kita tidak dapat membuat atau menghancurkan energi, kita hanya dapat mengeksplorasi atau menyembunyikan potensi.

Harga diri adalah keyakinan yang kita miliki tentang diri kita sendiri, dan seringkali kita berjuang untuk percaya pada diri sendiri. Ini karena keadaan buruk yang kita alami di masa lalu yang belum sepenuhnya kita tinggalkan.

Harga diri terletak pada semua hal baik tentang dirimu. Setiap orang memiliki sesuatu yang baik tentang mereka. Jika Anda kesulitan menemukan harga diri Anda, temukan hari yang dapat Anda habiskan untuk memilih hal-hal yang telah Anda lakukan dengan benar atau hal-hal yang dihargai orang lain tentang Anda. Anda mungkin menjadi penurut karena Anda tidak tahu nilai Anda.

Tidak pernah ada hari di mana Anda tidak layak. Harga diri tidak ditentukan oleh apa pun; Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk menjadi layak. Anda baru saja. Ketahuilah itu dan pahami itu. Kekuatan, bakat, dan tindakan baik Anda terhadap orang lain hanyalah ekspresi dari harga diri Anda.

Kepercayaan diri

Kepercayaan diri timbul dari harga diri. Rasa harga diri yang tinggi menghasilkan kepercayaan diri yang tinggi. Kepercayaan diri adalah kesadaran bahwa kita berharga terlepas dari apa yang telah kita capai atau kualitas yang mungkin kita miliki; harga diri lebih terikat pada kualitas dan prestasi kita. Latihan yang disebutkan di atas lebih menarik bagi harga diri tetapi saya menggunakannya untuk harga diri karena kami bekerja lebih baik dengan hal-hal yang bisa kita lihat daripada hal-hal yang tidak bisa kita lihat.

Ketika Anda mengembangkan rasa harga diri, percaya diri akan datang secara lebih alami. Harga diri berkaitan dengan tiga faktor bagaimana kita dicintai sebagai anak-anak, pencapaian orang-orang dalam kelompok usia kita, dan seberapa baik kita telah mencapainya.

Kepercayaan diri ada hubungannya dengan menjadi puas dan nyaman dengan siapa Anda, di mana Anda berada, dan apa yang Anda miliki. Jika Anda ingin percaya diri, tingkatkan harga diri Anda. Ingatkan diri Anda setiap hari bahwa Anda tidak perlu membenarkan keberadaan Anda. Kebutuhan Anda untuk mencapai hal-hal tertentu seringkali karena kebutuhan Anda untuk membenarkan keberadaan Anda.

Perawatan diri

Aspek ini lebih banyak berhubungan dengan fisik tetapi tidak sepenuhnya fisik. Perawatan diri adalah semua tindakan yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan, seperti mandi, makan makanan seimbang, tetap terhidrasi, dan melakukan hal-hal yang kita sukai.

Perawatan diri juga dapat berupa menonton apa yang Anda konsumsi, seperti musik yang Anda dengarkan, hal-hal yang Anda tonton, dan orang-orang yang Anda habiskan bersama. Dibandingkan dengan aspek lain dari cinta diri, perawatan diri lebih mudah dilakukan. Yang terbaik adalah memulai di sini dalam perjalanan Anda menuju menemukan cinta diri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tips bahagia

Sumber : psychology today

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top