Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenal Fenomena Mysophobia Lewat Film Ratu Ilmu Hitam

Kimo Stamboel mengatakan bahwa ide tokoh Eva yang mengidap Mysophobia muncul dari naskah yang dibuat oleh Joko Anwar.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 21 November 2019  |  09:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Setelah sukses dengan film Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar kembali terlibat dalam pembuatan film Ratu Ilmu Hitam sebagai penulis skenario.

Film yang disutradarai oleh Kimo Stamboel dan diproduksi oleh Rapi Films ini mengangkat satu fenomena penyakit bernama Mysophobia diidap oleh Eva (Imelda Therinne) yang parno dan takut berlebihan dengan adanya bakteri pemakan daging.

Mysophobia sendiri merupakan ketakutan berlebihan dan tidak masuk akal terhadap kontaminasi bakteri, kotoran, debu, kuman, dan risiko infeksi penyakit atau dikenal dengan fobia kuman atau fobia kotor.

Kimo Stamboel mengatakan bahwa ide tokoh Eva yang mengidap Mysophobia muncul dari naskah yang dibuat oleh Joko Anwar.

“Tokoh Eva ini memiliki sedikit masalah dengan kotoran tetapi makin parah dikarenakan muncul bercak-bercak di kulitnya," ujarnya, usai nobar Ratu Ilmu Hitam, Rabu sore (20/11/2019).

Untuk membunuh kuman-kuman tersebut, tokoh Eva digambarkan sering memakai cairan pembersih tangan.
"Ide pemakaian Antis ini dari saya pribadi, saya ingin menggunakan pembersih tangan yang semprot dan sepengetahuan saya, yang ada hanyalah Antis," tambahnya.

Sementara itu pemeran Eva dalam film Ratu Ilmu Hitam, Imelda Therinne mengatakan bahwa dirinya termasuk orang yang memperhatikan kebersihan, tapi tidak se-extreme karakternya di film sebagai Eva.

Menurutnya kebersihan tangan paling
penting, karena kita paling banyak menggunakan tangan, baik saat makan, kemudian memegang muka.

"Nah kalau tangan kotor dampaknya bisa kemana-kemana, infeksi, kuman, jerawat. Apalagi aku aktivitasnya banyak outdoor dan sudah pasti harus cuci tangan kemana-kemana, tapi kalo tidak ada wastafel dalam perjalanan, cara yang paling praktis ya pakai hand sanitizer. Sekalian tangan bersih, bebas kuman, terus harum dan lembap," terangnya.

Ryan Tirta Yudhistira, Chief Marketing & Sales Officer Enesis mengatakan kesadaraan dalam penggunaan hand sanitizer untuk hidup bersih dan sehat sebetulnya sudah melekat pada orang-orang Indonesia.

"Melalui film ini, para penonton juga sebenernya secara tidak langsung diingatkan untuk selalu menjaga
kebersihan. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi film Ratu Ilmu Hitam ini," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

joko anwar
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top