Relationship

Strategi Agar Bisa Menabung Rutin

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 22 November 2019 - 16:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika berbicara tentang uang, atau lebih tepatnya gaji yang diperoleh dengan susah payah, kebanyakan orang berjuang untuk menabung untuk memenuhi berbagai kebutuhan atau tuntutan mereka.

Menabung adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk mempersiapkan rencana jangka panjang.

Tetapi menabung lebih mudah dikatakan daripada dilakukan karena rintangan terbesar yang dihadapi seseorang dalam menabung uang hasil jerih payahnya adalah memulai.

Berikut adalah beberapa tips mudah dan sederhana untuk menghemat lebih banyak uang untuk membantu memenuhi tujuan keuangan Anda.

Uang yang tidak terbuang adalah uang yang dihemat!

Uang, seperti air, mengalir bebas dari tangan kita dan kebanyakan dari kita akhirnya menyia-nyiakannya tanpa menyadarinya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali area di mana Anda menghabiskan uang.

Itu bisa berupa apa saja tamasya akhir pekan di tempat-tempat mahal, berbelanja impulsif, membeli hadiah yang tidak perlu, dll. Jadi,  jika itu menjadi kebiasaan rutin, Anda perlu mengambil tindakan untuk menghentikannya. Ingat, uang yang tidak disia-siakan adalah uang yang disimpan!

Sisihkan jumlah untuk ditabung

Banyak orang membuat kesalahan dengan mencoba menghemat uang setelah semua kebutuhan dan pengeluaran mereka diurus. Kebutuhan seorang pria tidak terbatas. Jadi tidak ada gunanya menunggu untuk menghemat uang setelah menghabiskan semuanya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperbaiki jumlah yang ingin Anda tabung setiap bulan dan segera setelah Anda mendapatkan gaji, sisihkan jumlah itu. Sekarang gunakan sisa uang untuk mengurus pengeluaran Anda. Ketika Anda melakukan ini, dua hal terjadi secara bersamaan Anda sudah menabung pada awal bulan dan Anda sedang belajar untuk mengurangi pengeluaran Anda dengan jumlah berapa pun yang tersisa setelah itu.

Tahu prioritas Anda 

Ketahui prioritas Anda (tujuan jangka panjang dan jangka pendek) Penting untuk mengalokasikan tabungan Anda sesuai dengan persyaratan dan tujuan di masa depan. Anda perlu belajar bagaimana memprioritaskan tujuan Anda untuk menabung dan juga melakukan penghematan jangka panjang dan jangka pendek.

Misalnya, menabung untuk membeli rumah mungkin merupakan rencana jangka panjang, tetapi jika Anda ingin membeli mobil tahun depan, ini bisa menjadi rencana jangka pendek Anda. Ketika Anda membuat rencana penghematan yang sistematis, Anda secara otomatis berakhir dengan menabung lebih banyak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro