Virus hepatitis A/webmd
Health

Kasus Hepatitis A di Depok, Cara Penularan Penting Ditelusuri

Ria Theresia Situmorang
Sabtu, 23 November 2019 - 18:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes menanggapi kasus Hepatitis A di Depok dengan penekanan pada cara penularannya yang penting ditelusuri.

“Yang paling penting bagaimana caranya sumber penularan itu (Hepatitis A) bisa berhenti. Itu yang dilakukan upaya-upaya bersama dengan Dinkes setempat,” kata dr. Wiendra, Jumat (23/11), di Ponorogo dikutip dari siaran pers Kemenkes.

Secara berjenjang, lanjut dr. Wiendra, kesehatan itu basisnya wilayah. Dinkes setempat sebenarnya sudah melakukan upaya seperti membuat posko kesehatan dan setiap hari melaporkan.

“Cuma mungkin yang belum ditetapkan itu status daripada Hepatitis A. Kalau kita melihat itu seharusnya sudah membuatkan penetapan KLB. Di dalam penetapan KLB ini kalau dia [pemimpin daerah] sudah menetapkan [KLB] maka leading sector ada di pemerintah daerah, tapi kami pun sudah berkoordinasi bersama-sama mengatasi masalah ini,” katanya.

Ia melanjutkan, yang pertama dilakukan adalah mencari kasus. Diketahui penularan Hepatitis A bermula dari seorang karyawan di sebuah sekolah menengah.

“Selanjutnya upaya yang dilakukan Dinkes sudah sesuai dengan SOP, misalnya yang positif [Hepatitis A] diobati sesuai dengan tata laksana, penjajakan makanan juga diperiksa. Orang yang pertama [terjangkit Hepatitis A] itu harus dicari untuk menentukan apa sebenarnya sumber penularan,” ucap dr. Wiendra.

Masalah Hepatitis A tidak bisa selesai dengan cepat karena masa penularannya 28-30 hari. Namun, kata dr. Wiendra, untuk sementara Kemenkes dengan Dinkes Depok terus melakukan upaya-upaya untuk menurunkan angka kasus Hepatitis A.

Upaya tersebut dilakukan di antaranya dengan mendirikan posko kesehatan, memeriksa kualitas makanan yang ada, dan sanitasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro