Musim Hujan Pengaruhi Mood, Begini Penjelasan Ahli

Anda bukan satu-satunya orang yang malas melakukan aktivitas seperti biasa saat mengetahui cuaca di luar ruangan sedang hujan.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 03 Desember 2019  |  10:21 WIB
Musim Hujan Pengaruhi Mood, Begini Penjelasan Ahli
Ilustrasi suasana 'mood' seseorang. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Anda bukan satu-satunya orang yang malas melakukan aktivitas seperti biasa saat mengetahui cuaca di luar ruangan sedang hujan.

Bahkan lebih kronisnya, para ahli menyebut ada beberapa orang yang terbiasa stres atau depresi saat menghadapi cuaca tertentu. Gangguan ini dinamai seasonal affective disorder.

Kebanyakan dari orang-orang ini mengalami gangguan tersebut pada musim salju di negara empat musim dan musim penghujan di negara kawasan tropis.

Dr Harry Horgan, psikolog dari German Neuroscience Center menerangkan memang benar cuaca tertentu bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

“Tidak bisa disanggah kalau disrupsi cuaca tertentu berhubungan dengan rutinitas dan aktivitas seseorang, yang juga memiliki kaitan dengan kesehatan mental dan berkontribusi dengan faktor perubahan mood,” ujarnya dikutip dari Gulf News.

Ketika suhu udara menurun pada cuaca yang buruk, menurut para ahli, Anda juga umumnya mencari pelampisan dengan menghangatkan diri di tempat tidur atau mencari makanan yang hangat.

“Cuaca dingin juga memicu kebiasaan makan yang berlebihan. Ketika temperatur udara rendah, otak mengingatkan kalau hujan berarti dingin dan tidak nyaman untuk berpergian. Karena banyak orang yang lebih memilih untuk berada di dalam ruangan, lebih banyak juga waktu untuk mengakses makanan ringan yang sebenarnya tidak diperlukan,” jelas Sneha John, psikologis anak dan dewasa Lifework Holistic Counseling Center.

Demi mengatasi perubahan mood yang terjadi selama musim hujan ini, cara paling efektif adalah dengan mengakui efek hujan dapat mempengaruhi mood Anda. Karena keinginan untuk mengonsumsi makanan sangat tinggi pada musim ini, Anda bisa saja menahan selera dengan berpikir meskipun udara di luar dingin, Anda tidak memerlukan tambahan kalori.

Pemikiran seperti ini bisa membuat Anda terhindar dari makanan yang tinggi karbohidrat dan gula yang umum dikonsumsi saat suhu dingin.

Selain itu, pastikan rutinitas Anda tidak terganggu dan tetaplah mengerjakan tugas keseharian Anda meski berada di dalam ruangan. Hal ini akan membuat Anda tetap aktif dan produktif saat musim penghujan seperti pada bulan Desember kali ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
musim hujan, stres

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top