Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rutin Makan Dua Apel Utuh Per Hari, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Dibanding meminum jus apel, mengonsumsi apel dalam keadaan utuh dapat memberikan kontribusi yang positif pada tubuh Anda.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 17 Desember 2019  |  13:45 WIB
Apel - nutritionchekcup.com
Apel - nutritionchekcup.com

Bisnis.com, JAKARTA – Dibanding meminum jus apel, mengonsumsi apel dalam keadaan utuh dapat memberikan kontribusi yang positif pada tubuh Anda.

Dikutip dari food navigator, mengonsumsi dua apel per harinya dapat membuat tingkat kolesterol Anda menurun ditambah denganmenurunnya  risiko penyakit membahayakan.

Dalam studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, tim peneliti dari University of Reading yang berkolaborasi dengan Fondazione Edmund Mach Institute di Italia menemukan bahwa apel memiliki kandungan fiber bernama polyphenold yang dapat mengurangi LDL kolesterol.

Untuk membuktikan penemuan ini, peneliti secara random meneliti 40 wanita dan pria pada usia 29 hingga 69 tahun dengan tingkat kolesterol yang tinggi, dan menyarankan mereka mengonsumsi apel dalam kurun waktu dua puluh minggu.

Mereka juga dilarang untuk mengonsumsi probiotik seperti yogurt, susu fermentasi, prebiotik seperti inulin dan jus apel atau makanan yang mengandung campuran apel di dalamnya.

Tim peneliti kemudian menemukan makan dua apel per harinya dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 4 persen.

“Studi terakhir yang menyebutkan dampak dari diet ini dapat mengubah risiko dari penyakit jantung. Mengonsumsi dua apel per hari, dibanding minum gula dan kalori yang terkandung dalam jus apel dapat membuat efek yang signifikan dalam kesehatan,” ujar profesor Julie Lovegrove.

Dr Thanasis Koutsos dari University of Reading menambahkan penemuan ini memberikan bukti kalau kebiasaan yang kecil pada pola makan seperti mengonsumsi dua apel utuh dapat berkontribusi besar pada kesehatan kita.

“Kita tidak tahu apakah fiber yang ditemukan dalam apel atau polyphenol-nya yang berdampak besar pada hasil ini, Namun, pada dasarnya mengonsumsi makanan utuh jauh lebih baik dibanding mengolahnya,” tutup Thanasis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol Buah Apel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top