Kutu rusa, atau kutu berwarna hitam, Ixodes scapularis, terlihat pada bilah rumput, dalam gambar tak bertanggal dari Centers for Disease Control and Prevention AS. Kutu ini bisa membawa bakteri, Borrelia burgdorferi, yang diyakini menyebabkan penyakit Lyme pada manusia./via Reuters
Health

Kenali Bakteri Kutu Penyebab Penyakit Lyme Disease yang Diidap Justin Bieber

Hadijah Alaydrus
Jumat, 10 Januari 2020 - 15:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Justin Bieber mengguncang jagat maya setelah mengaku mengidap penyakit Lyme disease yang menggerogoti fungsi otak serta kesehatannya secara keseluruhan.

Penyanyi asal Kanada ini mengungkapkan dirinya telah mendapat penanganan tepat terhadap Lyme disease yang tidak dapat disembuhkan tersebut.

“Ini merupakan tahun-tahun yang sulit tetapi mendapatkan penanganan yang tepat akan membantu mengobati penyakit yang sejauh ini belum dapat disembuhkan dan saya akan kembali,” tulis Justin di Instagram, Kamis (1/8/2019).

Kenali Bakteri Kutu Penyebab Penyakit Lyme Disease yang Diidap Justin Bieber

Penyakit Lyme disease ini adalah infeksi bakteri borrelia burgdorferi yang ditularkan melalui gigitan kutu yang terinfeksi. Adapun, jenis kutu yang membawa bakteri pemicu Lyme disease adalah kutu berkaki hitam (tick deer, Ixodes scapularis).

Dikutip dari BBC, Lyme disease menunjukkan gejala a.l. ruam, kelelahan dan demam. Biasanya penyakit ini berkembang sekitar tiga minggu setelah gigitan. Pasien yang menderita penyakit ini harus mengkonsumsi antibiotik selama tiga minggu penuh. Peluang untuk tertular penyakit ini bergantung pada jenis kutu dan seberapa lama kutu ini menempel pada tubuh.

Centres for Disease Control and Prevention, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, mengungkapkan sebelum menularkan bakteri, kutu harus menempel pada tubuh manusia selama 36-48 jam.

Biasanya kutu jenis ini senang menempel di daerah kepala dan ketiak. Kebanyakan manusia terinfeksi melalui gigitan kutu yang masih berbentuk nimfa.

Nimfa tersebut berukuran kecil atau kurang dari 2 mm dan sulit dilihat. Kutu dewasa juga dapat menularkan bakteri penyakit Lyme, tetapi kutu dewasa ini jauh lebih besar dan lebih mungkin ditemukan dan dihilangkan sebelum mereka menularkan bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro