Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

WHO Peringatkan Virus Misterius di China Berpotensi Menyebar

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa coronavirus misterius yang menyebabkan wabah pneumonia di China berpotensi untuk menyebar.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 15 Januari 2020  |  07:52 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa coronavirus misterius yang menyebabkan wabah pneumonia di China berpotensi untuk menyebar.

"Dari informasi yang kami miliki, ada kemungkinan bahwa ada penularan dari manusia ke manusia yang terbatas, berpotensi di antara keluarga," kata Maria Van Kerkhove, penjabat kepala unit WHO untuk penyakit menular, dikutip dari Reuters, Rabu (15/1/2020).

Dia mengatakan bahwa WHO tengah bersiap untuk kemungkinan penyebaran wabah yang lebih luas. WHO telah memberikan panduan bagi rumah sakit di seluruh dunia tentang pencegahan dan pengendalian infeksi, kalau-kalau virus baru itu menyebar.

"Tidak ada pengobatan khusus untuk virus baru itu, tetapi anti-virus sedang dipertimbangkan," katanya.

Coronavirus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan infeksi mulai dari flu biasa hingga SARS.

Pada Senin lalu, seorang perempuan China dikarantina di Thailand karena coronavirus. Kasus itu merupakan yang pertama kalinya terdeteksi di luar China.

Secara keseluruhan, sebanyak 41 kasus pneumonia telah dilaporkan di kota Wuhan di China. Tes laboratorium awal menunjukkan kasus tersebut kemungkinan dari jenis baru virus corona dan satu pasien dilaporkan meninggal.

Mendekati Tahun Baru Imlek pada 25 Januari mendatang, ketika banyak turis China mengunjungi Thailand, WHO pun meminta pihak berwenang Thailand, masyarakat umum dan wisatawan untuk waspada.

Richard Brow, perwakilan WHO di Thailand, mengatakan siapapun yang menderita demam dan batuk dan telah menghabiskan waktu di Wuhan, harus diperiksa oleh petugas kesehatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top