Ilustrasi/Talkfeed.co.za
Health

4 Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Menyusui

JIBI
Sabtu, 18 Januari 2020 - 18:33
Bagikan

Dextromethorpan

Obat batuk ibu menyusui ini digunakan bila batuk Anda sangat mengganggu.

Obat ini bisa dibeli bebas, namun sebaiknya hanya dikonsumsi dengan resep dokter. Meski dicap sebagai obat batuk untuk ibu menyusui yang aman, selalu perhatikan reaksi bayi setelah Anda menggunakan obat-obatan di atas.

Sebaiknya, hentikan pemakaian obat jika bayi mengalami perubahan perilaku, seperti sangat rewel, sering mengantuk, malas menyusu, atau memperlihatkan sikap yang tidak seperti biasanya.

Untuk meminmalisir efek samping, Anda dapat mengambil langkah aman dalam meminum obat ketika menyusui. Gunakan dosis serendah mungkin, minum obat setelah bayi menyusu atau baru saja tertidur, dan sebisa mungkin gunakan cara alternatif selain meminum obat batuk.

Cara-cara alternatif yang direkomendasikan misalnya perbanyak istirahat dan tidur, pastikan lingkungan Anda selalu hangat, minum banyak cairan, serta berkumur dengan air garam untuk mengurangi nyeri pada tenggorokan. Anda juga dapat menghisap permen lozenges untuk meredakan tenggorokan. Minum air hangat yang dicampur lemon dan madu juga dapat membantu membuat jalan napas lebih lega.

Bila batuk Anda tidak reda setelah menggunakan obat batuk ibu menyusui di atas, jangan langsung beralih pada obat herbal. Sebaliknya, periksakan diri Anda ke dokter agar batuk Anda dapat ditangani sesuai dengan penyebabnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

5 dari 5 halaman
Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro