Ilustrasi/Testube
Relationship

6 Cara Memotivasi Diri Sendiri

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 12 Februari 2020 - 11:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak cara memberikan self reward untuk memotivasi diri sendiri sehingga produktivitas hidup bisa terjaga.

Berdasarkan hasil penelusuran Bisnis.com, self reward bisa berupa mengambil waktu luang, melakukan perjalanan sejenis liburan dan membeli makanan favorit. Beberapa orang juga kerap memberikan self reward pada diri dengan memberi waktu nonton film seharian penuh atau memesan massage ke rumah, hingga pergi ke salon.

Dikutip dari Boldsky.com, jika anda ingin menjadi pribadi yang kuat dan bersemangat dalam hidup, maka anda harus punya energi dan pandangan yang positif. Dua hal ini diyakini bisa memotivasi anda dalam  beraktivitas.

Berikut sejumlah hal selain self-reward yang perlu kamu lakukan untuk memotivasi hidup.

1. Membangun antusiasme
Antusiasme adalah kunci untuk mengerjakan tantangan baru. Dengan antusiasme, anda bisa termotivasi terus dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab anda.

2. Memasang target dan tantangan
Untuk memastikan anda tetap punya motivasi, anda perlu melihat tantangan sebagai target baru untuk diraih. Dengan adanya tantangan, anda akan mengeluarkan energi ekstra guna menjaga motivasi.

3. Bersikap lebih peka
Selain membangun antusiasme dan berani menghadapi tantangan, kepekaan adalah prasyarat dalam membangun motivasi. Kepekaan ini juga agar menjamin anda tetap sadar terhadap segala keputusan dan perilaku anda. Kesadaran juga membantu anda mengevaluasi diri, atas apa yang sudah dicapai, belum dicapai, dan perlu segera dicapai atau diselesaikan.

4. Tetap tangguh
Daya juang dan keyakinan tangguh harus masuk dalam prioritas anda menata hidup. Ketangguhan akan menjamin anda tahan uji atas semua tantangan baru, termasuk ketakutan anda. Ketangguhan anda adalah kunci kepercayaan diri anda terjaga sehingga motivasi anda pun ikut terjaga. Motivasi akan datang bersamaan dengan kepercayaan diri.

5. Have Fun
Ini adalah prasyarat penting lainnya dalam memotivasi diri, menjamin diri tetap bahagia. Caranya? Have fun alias bersenang-senanglah di saat punya waktu luang. Namun ingat, anda perlu menghabiskan waktu untuk have fun terutama pada hal-hal yang positif dan memberi dampak positif untuk tetap memotivasi hidup 

6. Keluarlah dari zona nyaman
Ada pepatah menyebut, perkembangan tidak terjadi di zona nyaman. Guna memotivasi diri dalam meraih cita-cita, anda perlu berani keluar dari zona nyaman alias keahlian anda selama ini. Dengan mulai mencoba hal baru, maka anda akan membangun kepercayaan diri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kepercayaan diri mendorong motivasi.

Demikian 6 hal penting buatmu tetap memotivasi diri dan menjaga cita-cita. Semoga dengan menjalankan 6 tips ini, anda semakin termotivasi dalam meraih impian anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro