Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

2021, Digelar Penghargaan 'Oscar' untuk Industri Podcast

Sekelompok penerbit dan produser podcast termasuk Spotify, NPR, PRX, Sony Music Entertainment, dan Wondery mengumumkan pembentuk Podcast Academy
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 15 Februari 2020  |  09:47 WIB
Golden Mics  -  Podcast Acedemy
Golden Mics - Podcast Acedemy

Bisnis.com, JAKARTA – Industri podcast saat ini sedang berkembang di tataran internasional. Para pelakunya sedang menyiapkan versi penghargaan tersendiri untuk jenis baru industri hiburan tersebut seperti Oscar untuk film, Emmy untuk televisi, dan Grammy untuk musik.

Dilansir dari Variety, Sabtu (15/2/2020) sekelompok penerbit dan produser podcast termasuk Spotify, NPR, PRX, Sony Music Entertainment, dan Wondery mengumumkan pembentuk Podcast Academy, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mempromosikan medium podcast.

Sebagai bagian dari kegiatannya, Podcast Academy berencana untuk memberikan penghargaan jasa tahunan untuk pencapaian yang luar biasa dalam berkarya melalui medium ini.

Penghargaan tersebut diberi nama Golden Mics yang ditargetkan diadakan pertama kali pada awal 2020 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Seorang juru bicara dari organisasi mengatakan bahwa para petinggi belum menentukan hal-hal terkait biaya keanggotaan dan lain sebagainya. Akan tetapi, menurutnya langkah ini dilakukan untuk tujuan mengembangkan industri podcast di seluruh dunia.

Akan tetapi, tidak semua penerbit dan distributor podcast populer terlibat dalam pembentukan organisasi ini. Sebut saja iHeartRadio, New York Times Co, Luminary, Entercom Communications, dan Westwood One yang absen dalam keanggotaan.

President iHeartPodcast Network Conal Byrne mengatakan perusahaannya diminta untuk berpartisipasi dalam pembentukan Podcast Academy. Akan tetapi, pihaknya masih akan mengevaluasi apakah akan bergabung dengan orgabisasi tersebut atau tidak.

“iHeartRadio Podcast Awards dibangun sebagai pertunjukan industri dengan partisipasi para pelaku dan telah memiliki 2 musim yang sukses. Jadi kami ingin memastikan ini adalah sesuatu yang bisa menjadi pelengkap. Kami tentu akan terus mengikuti perkembangan ini,” katanya.

Adapun, pendukung awal dari Podcast Academy di antaranya adalah Courtney Holt (Spotify), Anya Grundman (NPR), Kerri Hoffman (PRX), Donald Albright (TV Tenderfoot), Erik Diehn (Stitcher), Herman Lopez (Wondery), Christy Mirabal (Sony Music), dan Alia Tavakolian (Spoke Media).

Selain program penghargaan, Podcast Academy juga berencana menyelenggarakan webinar bulanan tentang topik-topik industri serta menggelar acara jejaring di Los Angeles dan New York City. Mereka juga akan mengkompilasi direktori keanggotaan dengan baik.

Saat ini, organisasi tersebut akan memberikan info lebih lanjut melalui situs web thepodcastacademy.com. Organisasi menyebut, sedang mengembangkan aplikasi dan diharapkan selesai pada musim semi ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penghargaan industri hiburan
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top