Warga melintasi banjir yang menggenangi Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan yang mengguyur Jakarta sejak dini hari membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Relationship

Ini 5 Langkah yang Harus Dilakukan Saat Banjir

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 25 Februari 2020 - 17:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Rumah yang kebanjiran bisa juga hasil dari kendala external seperti cuaca ekstrim atau kendala internal seperti kebocoran pipa air. Tidak penting sumber dari air itu dari mana, ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk melindungi anda dan keluarga.

Menurut data Center of Neighborhood Technology, jutaan rumah di Amerika terdampak banjir akibat hujan deras dan meluapnya sungai. Sementara, di Indonesia di musim penghujan ini, banjir seolah datang rutin karena cuaca yang ekstrim.

Untuk Anda yang tinggal di perumahan sering terdampak banjir mungkin anda sudah mengetahui apa yang harus dilakukan, akan tetapi apabila anda tinggal di kawasan yang belum pernah terdampak banjir, tidak ada salahnya ada membaca ini. Dilansir dari safewise.com, terdapat hal-hal mendasar yang perlu dilakukan ketika banjir datang:

1. Menghentikan sumber air datang

Kecuali banjirnya datang karena cuaca yang ekstrim, cari sumber datangnya air dan matikan atau tutup sumbernya

2. Mematikan listrik

Setelah sumber air sudah dimatikan, matikan semua panel listrik di rumah. Apabila anda tidak bisa meraih panel listrik utama tanpa menginjak air, telepon petugas listrik.

3. Evakuasi keluarga anda

Evakuasi keluarga anda, pastikan anak anda, peliharaan anda ke tempat yang aman seperti rumah keluarga anda lainnya atau ke tempat penampungan. Lalu evakuasi barang berharga seperti dokumen penting yang anda miliki, ada baiknya apabila anda sudah meletakkan dokumen penting menjadi satu tas sehingga mudah untuk dibawa.

4. Panggil bantuan

Ketika semua keluarga anda sudah berada di tempat yang aman, panggil bantuan. Apabila ada yang terluka panggil tenaga medis. Tidak peduli seberapa rusak rumah anda, yang terpenting adalah keluarga anda.

5. Memulai proses pembersihan

Setelah banjir, proses pembersihan adalah proses yang paling panjang dan menyebalkan. Anda perlu membersihkan air, merapikan barang-barang yang hanyut, mengeringkan dan membersihkan area atau benda yang terkena air. Anda perlu memakai peralatan yang aman untuk menghindari kontak dengan bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro