Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

10 Tanda Fobia Komitmen

Ada beberapa orang yang lebih suka berkencan tanpa status. Hal ini karena adanya ketakutan atau keengganan dalam menjalin komitmen dengan orang lain.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Maret 2020  |  09:13 WIB
10 Tanda Fobia Komitmen
Ilustrasi - Filipino4u
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak semua berharap menjalin hubungan serius dan kemudian menikah seperti layaknya pasangan kekasih.

Ada beberapa orang yang lebih suka berkencan tanpa status. Hal ini karena adanya ketakutan atau keengganan dalam menjalin komitmen dengan orang lain.

Jika Anda bertemu dengan pasangan yang ternyata menunda-nunda pernikahan kalian, bisa jadi dia adalah orang yang fobia terhadap komitmen. Untuk mengetahui seperti apa orang yang fobia terhadap komitmen, berikut tanda-tandanya menurut Boldsky.com L

1. Mencari Hubungan Tidak Serius

Orang yang tidak ingin menjalin hubungan yang tidak serius dan tidak pernah membahasnya, bisa jadi dia takut dalam menjalin komitmen tersebut.

Padahal, Anda percaya soal cinta dan kasih sayang, tapi tidak ingin menjalin ikatan resmi dengannya, itu salah satu tanda sebenarnya Anda takut berkomitmen.

2. Tidak Ingin Mendapatkan Status

Meskipun Anda senang dan cinta dengan pasangan Anda saat ini, Anda tidak ingin dicap sebagai pasangannya. Anda mungkin menyukai gagasan berkencan dengan seseorang yang membuat Anda bahagia dan bersemangat tetapi tidak suka dicap sebagai pacar seseorang. Saat pasangan Anda memperkenalkan Anda sebagai pasangannya, Anda menjadi cemas dan mencoba untuk keluar. Bahkan, Anda sering meminta pasangan untuk tidak memperkenalkan Anda berdua sebagai pasangan.

3. Tidak Sertakan Pasangan dalam Rencana Masa Depan

Anda tidak memiliki rencana untuk berbagi hidup bersama pasangan. Mungkin saja Anda senang bersama pasangan tetapi pada saat yang sama, Anda tidak yakin apakah Anda ingin bersama orang itu sepanjang hidup Anda. Juga, Anda mungkin merasa tidak nyaman ketika pasangan Anda mencoba mendiskusikan rencananya dengan Anda dan memasukkan Anda dalam hal yang sama. Anda mencoba memberikan beberapa alasan aneh dan tidak jelas untuk tidak membicarakan masa depan Anda dengan pasangan Anda.

4. Tertarik Dengan Hubungan Singkat

Suka berganti pasangan dalam waktu singkat dan selalu merasa bosan dan tidak nyaman ketika menjalin hubungan jangka panjang. Anda sering mencari alasan untuk putus dan mencari pengganti untuk menghindari komitmen lebih serius.

5. Tidak Berjuang Dalam Hubungan

Ketika dua orang menjalin hubungan, mereka mencoba memperkuat hubungan mereka dengan berusaha lebih dan lebih. Mereka melakukan hal-hal untuk membuat satu sama lain bahagia dan mengembangkan ikatan emosional yang kuat. Ini menunjukkan bahwa pasangan itu serius dengan hubungan mereka. Tetapi jika ini tidak terjadi pada Anda, bisa jadi itu karena Anda tidak ingin berkomitmen pada pasangan Anda.

6. Sering Mengeluh Tentang Pasangan

Terkadang Anda mungkin tidak menyukai pilihan dan kebiasaan pasangan Anda. Tetapi ini tidak berarti Anda harus mengeluh tentang pasangan Anda. Orang yang peduli dengan hubungan dan serius akan menemukan cara untuk menyelesaikan masalah. Bagaimanapun, yang paling penting dalam suatu hubungan adalah betapa indahnya Anda dan pasangan Anda saling memuji dan menyelesaikan perbedaan.

7. Terganggu Ketika Pasangan Anda Bersikap Mesra di Depan umum

Sebagai pasangan, Anda mungkin suka menunjukkan kemesraan di depan umum untuk menunjukkan bahwa Anda sepasang kekasih. Tetapi, jika seseorang fobia komitmen dia tidak ingin hubungannya diketahui orang lain dan menghindari bermesraan di depan umum.

8. Menghindari Diskusi Serius

Ada kalanya pasangan Anda mencoba untuk memulai beberapa percakapan yang bermakna dan mendalam. Ini diperlukan untuk setiap hubungan karena membantu dalam menyelesaikan perbedaan dan memperkuat hubungan. Tetapi jika Anda cenderung kehilangan minat pada saat-saat seperti itu, ini menunjukkan Anda tidak peduli untuk membicarakan sesuatu yang bermakna.

9. Tidak tepat Janji

Ketika seorang tidak tepat janji dan selalu membatalkan atau menunda rencana kencannya, artinya dia tidak menganggap hubungan itu serius, sehingga dengan mudah membatalkan janji kencan.

10. Memiliki Alasan Konyol Untuk Putus

Yah, kita tahu putus cinta itu tidak mudah. Pasangan mungkin memiliki konflik dalam hubungan mereka tetapi banyak yang mencoba menyelesaikan perbedaan hanya untuk menghindari perpisahan.

Tetapi jika Anda adalah seseorang yang selalu memiliki alasan konyol, seperti mendengkur pasangan Anda atau memiliki selera musik yang berbeda untuk mengakhiri hubungan Anda, maka ini menunjukkan bahwa Anda adalah fobia komitmen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kencan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top