Ibu peluk anak/istimewa
Health

Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Tips untuk Orangtua

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Selasa, 3 Maret 2020 - 14:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Virus Covid-19 yang menginfeksi dua orang WNI di Depok memberi tanya bagaimana kondisi anak-anak di tengah wabah tersebut.

Dokter Spesialis Anak di RSIA Tumbuh Kembang Depok, Miza Dito Afrizal, menyatakan rumor yang beredar bahwa anak-anak lebih rentan terhadap virus ini tidaklah benar. Miza menjelaskan bahwa jumlah pasien anak yang terinfeksi Covid-19 terbilang sangat rendah.

Berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention, rendahnya tingkat pasien anak tidak hanya berlaku pada Covid-19. Sejumlah virus dalam keluarga Corona seperti MERS dan SARS juga tidak banyak menjangkit anak-anak.

“Meski demikian berdasarkan data di China, anak yang terinfeksi Covid-19 kebanyakan gejalanya hanya batuk, pilek, berat sampai sesak napas, namun angka yang sampai sesak nafas itu sangat rendah,” tulis Miza dalam Instagram, dikutip Senin (3/3/2020).

Dikutip dari Worldometer.info, sampai dengan 29 Februari 2020, hanya 0,2% angka kematian anak usia 0-19 tahun yang menderita Covid-19. Untuk anak di bawah 9 tahun pun tidak ada kasus kematian alias 0 persen.

Data lain dari NEJM.org juga menyebut, di China secara khusus di bawah 14 tahun dari 1099 pasien yang dipelajari ada 9 pasien dengan usia 0-14 tahun. “Dari 9 pasien anak itu, yang gejalanya parah, 1 anak, yang 8 gejala ringan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro