Warga menunggu kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Health

Cegah Virus Corona, KRL Selalu Dibersihkan Pakai Disinfektan

Desyinta Nuraini
Rabu, 4 Maret 2020 - 11:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memastikan setiap kereta rel listrik (KRL) maupun kereta api konvensional dibersihkan menggunakan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Pada saat pembersihan seperti biasanya untuk membersihkan di perangkat sudah dicampur disinfektan," ujar Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa kepada Bisnis, Rabu (4/3/2020)

Pihaknya juga berencana menempatkan alat pengukur suhu tubuh di setiap stasiun. Namun saat ini, tengah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. "Ada (rencana) sekarang sedang proses, nanti kami informasikan kembali," katanya.

Sejauh ini, PT. KAI Daop 1 Jakarta telah menyediakan hand sanitizer alkohol 70-80% di beberapa titik lokasi strategis di area stasiun, seperti pos kesehatan, meja check boarding, check In counter/mesin cetak tiket, loket pembelian/pemesanan/pembatalan tiket, pintu gate (stasiun KRL), dan loko cafe (cafe milik PT KAI). Sedangkan di atas kereta api, hand sanitizer tersedia di area kereta makan.

PT. KAI Daop 1 Jakarta pun meminta kerja sama dari para pengguna jasa KAJJ dan KRL agar menggunakan masker jika sedang tidak sehat. Mereka menganjurkam lebih baik beristirahat di rumah jika sedang mengalami demam tinggi atau gangguan kesehatan lain yang tidak memungkinkan beraktifitas.

"Kami menyarankan agar tidak memaksakan diri beraktifitas menggunakan transportasi publik," tuturnya.

Selain itu, Daop 1 Jakarta juga menghimbau pengguna jasa kereta api agar menjaga kebersihan di area stasiun demi menghormati kenyamanan pengguna lainnya, seperti tidak membuang air liur (meludah) sembarang tempat, dan menggunakan penutup mulut saat batuk atau bersin.

Guna memastikan kondisi kesehatan setiap calon penumpang, PT KAI Daop 1 Jakarta melalui Unit Kesehatan juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon penumpang KA di Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang memiliki keluhan kesehatan seperti demam, batuk pilek, dan keluhan penyakit lainnya.

"PT KAI juga menyediakan Pos Kesehatan di setiap stasiun, jika ada penumpang yang merasa kurang fit sebelum dan sesudah perjalanan KA, silahkan melakukan pemeriksaan kesehatan di Poskes stasiun," tutup Eva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro