Kelelahan/boldsky.com
Health

Seimbangkan Vitamin dan Mineral Kunci Tingkatkan Imunitas

Krizia Putri Kinanti
Senin, 9 Maret 2020 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fatigue atau kelelahan adalah salah satu ciri-ciri kekurangan vitamin yang menyebabkan melemahnya imunitas sehingga tubuh mudah terserang virus. Ternyata kuncinya adalah pola hidup sehat dan menyeimbangkan vitamin dan mineral.

dr. Helmin Agustina Silalahi Medical Manager Divisi Consumer Helath PT Kalbe Farma Tbk mengatakan bahwa untuk menangkal virus-virus yang ada dan cuaca yang tidak mendukung saat ini adalah dengan menyeimbangkan vitamin dan mineral dalam makanan yang dikonsumsi.

"Kekurangan vitamin dan mineral itu bisa menyebabkan fatigue. Kekurangan vitamin itu nggak kasat mata. Defisiensi vitamin ada 4 grade, kalo grade 4 masuk rumah sakit baru sadar, mau tes di rumah sakit mahal jadi makan bergizi aja," ujarnya di Jakarta, Senin (9/3/2020).

Apalagi di tengah merebaknya virus corona atau COVID-19 yang menyebabkan gegernya masyarakat termasuk di Indonesia, satu-satunya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh, karena apabila daya tahan tubuh kuat makan tubuh tidak akan terinfeksi virus.

Ia menambahkan fatigue atau kelelahan adalah gejala-gejala menuju ke defisiensi vitamin dengan ciri-ciri semangat menurun, gangguan konsentrasi, pegal-pegal, kesemutan dan kram. Penanganan kelelahan ini cukup dengan istirahat dan tidur, makanan yang sehat, olahraga secara teratur, relaksasi, mengurangi faktor stress, dan pemberian suplemen.

"Yang idealnya gaya hidup sehat, kalo saya pribadi dan keluarga selalu minum suplemen sih untuk daya tahan tubuh yang kuat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro