Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI SS) dr Dyani Kusumowardhani (pertama kiri) bersama jajaran direksi RSPI SS lain saat melakukan konferensi pers penanganan kasus virus corona di Jakarta, Jumat (6/3/2020). /ANTARA
Health

Dukung Kondisi Psikologis Pasien Corona, RSPI Buat Video Khusus

Newswire
Selasa, 10 Maret 2020 - 17:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso Jakarta melakukan berbagai cara untuk mendukung penyembuhan pasien terkait virus Corona.

Di antaranya RSPI Sulianti Saroso membuat video khusus bagi pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19. Hal itu merupakan salah satu upaya mempercepat proses penyembuhan pasien terkait Corona.

"Kami sedang mengupayakan membuat video yang bisa dilihat para pasien untuk membantu secara psikologis. Jadi apa pun kami upayakan untuk memperbaiki dan mempercepat kesembuhan mereka," ujar Direktur Medik dan Keperawatan RSPI Sulianti Saroso, Dyani Kusumowardhani di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Dyani mengatakan inisiatif itu diharapkan memberikan kenyamanan lebih bagi pasien sehingga kondisi psikologis mereka terjaga dengan baik.

"Psikolog kami yang membuat programnya, intinya akan membantu pasien yang dalam perawatan," ucap Dyani.

Saat ini, pasien masih diizinkan menggunakan telepon seluler agar kondisi psikologisnya tidak tambah tertekan, Meski begitu, mereka tetap dalam pengawasan petugas medis.

Pasien, kata Dyani, tidak diperkenankan melakukan video call ataupun perekaman video.

"Namanya orang sakit, penyakitnya baru, kondisi sekarang harus dirawat di ruang isolasi, tidak berjumpa dengan orang lain kecuali melalui HP, itu kan satu-satunya kontak dia dengan dunia luar," kata Dyani.

Menurut Dyani, terdapat beberapa faktor yang dapat membuat pasien menjadi sembuh, di antaranya lingkungan dan daya tahan tubuh.

"Faktor lingkungannya kita sudah jaga betul, pasien terisolasi. Untuk daya tahan tubuh, kami berikan asupan gizi yang baik," kata Dyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro