Ilustrasi-Warga memeriksakan kesehatan di Pos Pemantauan Virus Corona RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Selasa (3/3/2020). RSPI Sulianti Saroso membuka pos pelayanan gratis 24 jam mulai minggu ketiga Januari 2020./ANTARA-Indrianto Eko Suwarso
Health

Satu Pasien di RSPI Dinyatakan Bebas Corona, Begini Hasil Labnya

Newswire
Selasa, 10 Maret 2020 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Satu pasien terkait virus Corona yang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso Jakarta dinyatakan bebas Covid-19.

Pihak RSPI menyatakan bahwa pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) tersebut dinyatakan bebas COVID-19 setelah dua kali pemeriksaan klinis menunjukkan bahwa pasien tersebut tidak terinfeksi virus Corona.

"Pasien dinyatakan sehat dan aman kalau pemeriksaan klinis sudah dua kali dinyatakan negatif dan tidak ada keluhan apa-apa, tidak ada penyakit lain yang menunjukkan gejala COVID-19 berarti pasien sudah aman untuk dipulangkan," kata Direktur Medik dan Keperawatan RSPI Prof Dr Sulianti Saroso, Dyani Kusumowardhani, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Kendati demikian, ia mengatakan, rumah sakit tidak bisa memastikan pasien dalam pengawasan yang sudah dinyatakan bebas COVID-19 tidak akan terinfeksi virus Corona lagi.

"Kami belum tahu soal itu karena memang ini kan belum banyak pengalaman," kata Dyani.

Dyani menjelaskan bahwa RSPI menangani sembilan pasien terkait COVID-19 dan kondisinya stabil semua.

"Kondisi pasien secara keseluruhan cukup baik, tidak ada demam, rata-rata keluhan hanya sekadar batuk. Sejak beberapa hari lalu semua bisa dikatakan kondisinya tenang dan stabil, termasuk sampai hari ini," kata Dyani.

Dyani mengatakan enam dari sembilan pasien yang menjalani perawatan di RSPI sudah dikonfirmasi positif COVID-19 dan tiga lainnya berstatus pasien dalam pengawasan, yakni mereka yang menunjukkan gejala sakit serupa COVID-19 seperti influenza, demam, batuk, dan sesak napas.

RSPI, menurut dia, punya cukup tenaga medis dan fasilitas memadai untuk menangani pasien COVID-19. Rumah sakit juga masih memiliki persediaan alat pelindung diri untuk petugas medis yang menangani pasien terinfeksi virus Corona atau COVID-19.

"Alhamdulillah kami masih punya cukup persediaan, dan untuk tenaga, kami mengalihtugaskan perawat dari ruang lain untuk masuk ke ruang isolasi. Jadi disesuaikan dengan kebutuhan di ruang isolasi," kata Dyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro