Warga memeriksakan kesehatannya di Pos Pemantauan Virus Corona RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Selasa (3/3/2020). Menurut Kepala Instalasi Promosi Kesehatan RSPI Sulianti Saroso Tiursani Idawati, pos yang dibuka 24 jam gratis dan mulai dibuka pada minggu ketiga Januari itu mengalami peningkatan empat kali lipat pascapresiden mengumumkan dua orang positif Corona di Indonesia./ANTARA FOTO-Indrianto Eko Suwarso
Health

Punya Gejala Mirip, Ini Beda Flu Biasa dan Virus Corona

Desyinta Nuraini
Jumat, 13 Maret 2020 - 10:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebaran virus corona atau Covid-19 menimbulkan kekhawatiran berlebih di tengah masyarakat, terutama mereka yang menggunakan fasilitas umum.

Tak sedikit masyarakat yang menggunakan masker atau menjaga jarak dengan orang yang menggunakannya saat naik transportasi umum. Bahkan ketika seseorang terdengar sedang flu, langkah mundur perlahan dan menjauh pun dilakukan.

Memang, virus corona memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa. Keduanya disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia. 

Lantas apa perbedaan gejala flu biasa dan infeksi Virus Corona?

Mengutip dari situs Alodokter, flu biasa yang merupakan golongan rhinovirus menyerang saluran pernapasan. Umumnya, keluhan yang muncul datang dari hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas). 

Gejala dari flu biasa meliputi bersin-bersin, hidung tersumbat dan berair. Kemudian sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, batuk, dan terkadang demam. Gejala-gejala tersebut biasanya muncul 1-3 hari setelah terpapar virus dari orang lain yang sedang sakit.

Flu umumnya dapat sembuh sendiri dalam waktu 4-9 hari. Semakin kuat daya tahan tubuh, semakin cepat flu sembuh. Oleh karena itu, dokter akan menyarankan penderita flu untuk banyak beristirahat, makan makanan bernutrisi, dan minum air putih yang cukup.

Sementara itu, orang yang menderita Covid-19 memang bisa mengalami gejala yang mirip dengan flu. Akan tetapi, virus corona lebih sering menyebabkan keluhan pada saluran pernapasan bawah. 

Setidaknya ada 3 gejala utama yang dapat muncul pada Covid-19, yaitu demam tinggi, batuk, dan sesak napas

Pasien juga bisa mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual, dan muntah. Namun, gejala ini jarang terjadi dan tidak khas pada pasien Covid-19.

Pada kasus yang parah, infeksi virus corona bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru) yang berat, edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh, misalnya ginjal.

Sampai saat ini, dunia belum menemukan obat atau vaksin resmi yang mampu mengobati atau mencegah infeksi virus corona. Namun, gejala Covid-19 yang seperti flu biasa dapat diringankan dengan obat flu.

Beda dengan kasus COVID-19 yang gejalanya berat, pengobatan lebih ditujukan untuk menjaga kondisi pasien dan mengatasi komplikasi yang muncul agar tidak berakibat fatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro