Virus Corona penyebab sindrom pernapasan MERS/bbc.co.uk
Health

Cek Fakta : Obat Alergi Bisa Sembuhkan Virus Corona ?

Krizia Putri Kinanti
Senin, 16 Maret 2020 - 08:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merebaknya virus Covid-19 membuat banyak sekali unggahan-unggahan dan sebaran pesan di sosial media terkait virus ini, yang paling banyak adalah cara mengobati virus ini. Seperti unggahan Farhat Abbas di Instagram yang menyebut bahwa obat alergi bisa menyembuhkan virus corona.

Dalam unggahannya, Farhat Abbas menulis "Saran: kalo takut atau mulai terkena gejala Korona, minum juga obat alergi gatal-gatal disamping obat lainya, semoga cepat sembuh."

Selain itu ia juga menambahkan caption "Keingat sangat kesengat lebah, ada yg nyaranin kalo sakit bengkak boleh minum obat alergi. Termyata manjur, gak gatal, sakit ataupun bengkak lagi. saat batuk ga berhenti-henti dikasih obat alergi ama dokter langsung sembuh, semoga virus korona juga demikian.FA"

Unggahan ini sontak direspon oleh warganet yang memang sedang mencari obat untuk mencegah atau menyembuhkan virus corona ini karena merebak begitu cepat. Namun, semua harus dicari kebenarannya, benarkah obat alergi dapat menyembuhkan virus corona?

dr. Jaka Pradipta Sp.P mengatakan bahwa tidak benar obat alergi dapat mencegah atau menyembukan virus corona, karena bukan penyakit alergi, "Itu info yang tidak benar, penyakit covid-19 bukan penyakit alergi sehingga pemberian obat alergi tidak akan menyembuhkan penyakitnya. Penyakit ini akibat virus yang dapat menimbulkan reaksi peradangan hebat khususnya pada organ paru yang dapat menimbulkan kematian," tuturnya kepada Bisnis, Senin (16/3/2020).

Solusinya, ia menyarankan bahwa masyarakat dapat membentengi diri dengan banyak minum vitamin atau suplemen-suplemen yang bisa menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak rentan diserang virus.

"Immune booster seperti Vitamin C,E dan D serta zinc bagus meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi belum terbukti dapat melindungi bahkan menyembuhkan virus Corona di badan kita. Jaga kesehatan , cuci tangan dan kurangi kontak dengan orang lain menjadi perlindungan Kita," ujarnya.

Sebagai informasi, baik Influenza maupun Covid-19 disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan, tetapi keduanya berasal dari golongan virus yang berbeda. Virus penyebab influenza pada manusia disebabkan oleh virus influenza A dan B, sedangkan Covid-19 disebabkan oleh virus Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro