Ilustrasi/Sheknows
Relationship

Bekerja Dari Rumah? Ini Tips Agar Efisien

Krizia Putri Kinanti
Senin, 16 Maret 2020 - 12:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merebaknya virus corona atau COVID-19 telah mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Penyebaran penyakit ini berkembang pesat, oleh karena itu telah disebut sebagai Pandemi Global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Berbagai lembaga pendidikan, tempat umum telah ditutup selama beberapa hari. Bahkan, beberapa acara juga telah dibatalkan untuk mengendalikan penyebaran virus corona ini, sampai berbagai perusahaan juga telah mengeluarkan ebijakan kerja-dari-rumah untuk memastikan karyawan mereka aman dari infeksi COVID-19.

Lagi pula, tidak ada yang akan merasa termotivasi dan nyaman untuk keluar dari rumah mereka sementara ada wabah pandemi. Dalam situasi seperti itu, bekerja dari rumah dapat menjadi pilihan yang layak dan aman bagi para profesional yang bekerja.

Tetapi jika Anda bertanya-tanya bagaimana Anda akan bekerja secara efisien saat berada di rumah, dilansir dari boldsky.com, ada beberapa tips agar anda dapat bekerja secara efisien walaupun di rumah.

1.Selalu isi daya handphone dan laptop Anda

Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa ponsel dan laptop Anda terisi daya sehingga pekerjaan Anda tidak terpengaruh karena pemadaman listrik. Anda tidak pernah tahu kapan ada pemadaman listrik di tempat Anda. Ketika Anda berada di tempat kerja Anda, jelas ada tidak akan khawatir apabila mati listrik, sehingga ada baiknya tetap dipersiapkan.

2. Persiapkan tempat kerja Anda

Tentu saja, ketika Anda bekerja dari rumah, Anda masih bisa bekerja di tempat tidur dan membawa ke laptop Anda untuk memulai pekerjaan Anda. Tetapi bagaimana dengan menyiapkan ruang kerja untuk itu?

Anda dapat mengatur ruang kerja Anda di sudut ruang tamu atau kamar tidur Anda juga. Anda bisa mengatur meja dan kursi, tempat Anda bisa duduk dan bekerja dengan tenang. Niat di balik mendirikan ruang kerja Anda adalah untuk mempersiapkan diri secara mental untuk bekerja secara efektif.

3.Buat mental Anda seperti bekerja di kantor

Jika Anda berpikir Anda dapat bekerja dengan baik saat Anda menguap dan masih mengenakan pakaian tidur, maka Anda mungkin salah. Anda mungkin tidak dapat fokus pada pekerjaan Anda dan akan mudah bosan.

Mandilah, kenakan pakaian bersih dan sarapan seperti yang Anda lakukan sebelum berangkat ke kantor. Duduklah di ruang kerja Anda dan mulailah bekerja seperti yang Anda lakukan di tempat kerja pada hari-hari biasa.

4.Informasikan keluarga Anda

Memberi informasi pada keluarga Anda bahwa Anda sedang bekerja dari rumah bisa jadi cara yang ampuh untuk mengurangi gangguan pada konsentrasi Anda.

Keluarga Anda dapat beraktivitas seolah-olah anda sedang bekerja di kantor, bukan di rumah.

5. Tetap terhubung dengan rekan kerja Anda

Cara terakhir adalah dengan tetap lancar berkomunikasi dengan atasan atau rekan kerja Anda agar efisien dan efektif. Anggaplah cara dan frekuensi Anda berkomunikasi Anda sama dengan rutinitas Anda di kantor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro