Dokter Handoko Gunawan, Sang Pahlawan Pasien Corona sedang Sakit

Tenaga medis yang menangani pasien virus corona mulai kelelahan. Lelah tersebut membuat sebagian tenaga medis harus dirawat di rumah sakit.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  13:03 WIB
Dokter Handoko Gunawan, Sang Pahlawan Pasien Corona sedang Sakit
Dokter Handoko Gunawan mengenakan siap mengobati pasien dengan penyakit menular. - sumber: Facebook Noviana Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Tua, berpengalaman, berani dan setia melayani masyarakat menjadi prinsip yang terus dipegang teguh oleh Dokter Spesialis Paru, Handoko Gunawan.

Kini usianya tak muda lagi, menuju 80 tahun. Bisa dibilang, Gunawan masuk dalam kategori berumur panjang atau melebihi angka harapan hidup laki-laki di Indonesia yang berusia 69 tahun.

Wabah virus corona (Covid-19) membuat tim medis di Indonesia harus bekerja lebih keras, cerdas dan gesit. Pandemi ini membuat tim medis lebih waspada dalam merawat pasien.

Siap tak siap, tenaga medis di Indonesia harus merawat pasien virus corona dengan infrastruktur alat kesehatan dan alat perlindungan diri seadanya. Saat merawat pasien dengan penyakit menular, maka pihak dokter dan perawat harus melindungi diri sendiri agar tidak tertular penyakit yang diderita pasien.

Di tengah mewabahnya virus corona yang juga membawa ketakutan dan kepanikan, muncul satu sosok yang menjadi oasis di dunia kedokteran. Beredar sosok dokter berusia hampir 80 tahun, tetap bekerja menangani pasien. Dia adalah Gunawan.

Gunawan bekerja di Rumah Sakit Graha Kedoya. Dalam laman rumah sakit, tertulis Gunawan adalah dokter spesialis paru, yang bertugas Senin hingga Jumat dari pukul 08.00-12.00 WIB di Poliklinik lantai 2.

Foto Gunawan menggunakan masker dan baju putih beredar di Facebook. "Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yg handle Covid dokter Gunawan ahli paru di Graha Kedoya usia sudah mendekati 80," tulis Noviana Kusumawardhani, Selasa (17/3/2020).

Noviana mengungkapkan bahwa saat ini Gunawan terus kerja sampai jam 3 pagi karena banyak yang takut. Status yang dituliskan oleh Noviana tentang dokter ini telah dibagikan sebanyak 3.600 kali.

"Anak anaknya sudah saranin jangan ikut terjun karena sudah tua tapi katanya kalau dia mati juga enggak apa-apa. Mestinya kita mulai berita-berita seperti ini ya daripada menyebarkan ketakutan terus."

SANG PAHLAWAN SEDANG LELAH

Pada Selasa (17/3/2020) malam, Bisnis mendapatkan kabar bahwa Handoko Gunawan masuk ICU karena kelelahan. Kini Gunawan yang biasanya menyembuhkan orang, harus berjuang menyembuhkan diri.

"Dokter Handoko Gunawan saat ini sudah dalam penanganan RS dan staf medis yang kompeten. Kondisi sadar dan dapat berkomunikasi dgn baik, tentunya komunikasi dibatasi," ungkap perwakilan keluarga Gunawan.

Pihak keluarga Dokter Handoko Gunawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian, simpati dan doa-doa yang dipanjatkan untuk Handoko Gunawan, baik dari teman-teman, kerabat, netizen dan seluruh lapisan masyarakat yg memberikan semangat dan dukungan.

Sebagai informasi, Handoko Gunawan merupakan dokter paru yang menamatkan pendidikan di Universitas Indonesia. Gunawan juga berpraktik di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC). Dia juga dapat memberikan bantuan layanan medis seperti biopsi paru, tes fungsi paru, bronkoskopi, pengobatan TBC, konsultasi paru dan pernapasan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dokter, tenaga medis, Virus Corona, covid-19

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top