Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tidak Sulit, Ini 4 Cara yang Ibu Bisa Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Imun Anak

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan imun anak adalah dengan memberikan kebaikan nutrisi sarang walet yang sejak zaman dahulu telah dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kini, semua manfaat sarang walet dapat Anda temukan dalam program sehat Realfood.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  13:04 WIB
Ilustrasi: Kedua anak kecil yang senang saat mengonsumsi buah jeruk.
Ilustrasi: Kedua anak kecil yang senang saat mengonsumsi buah jeruk.

Bisnis.com, JAKARTA - Cuaca yang tidak menentu tak jarang mengundang berbagai macam penyakit seperti demam berdarah hingga influenza. Kini, situasi diperparah dengan munculnya virus Corona yang telah menelan lebih dari 7.000 korban jiwa di seluruh dunia. 

Berita ini tentunya menjadi momok bagi orang tua yang memiliki anak kecil. Usia kanak-kanak sendiri terbilang rentan terhadap penyakit, sehingga membutuhkan perhatian ekstra dalam menjaga kesehatan imun tubuhnya. Lalu, apa saja cara mudah dan tepat untuk meningkatkan imunitas anak agar terhindar dari serangan virus dan penyakit? 

  • Perhatikan asupan nutrisinya

Pada bayi yang baru lahir, ASI merupakan makanan utama sebagai antibodi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi. Sementara ketika anak bertambah usia, sayur dan buah yang mengandung karoten seperti wortel, kacang hijau, jeruk dan stroberi, sebaiknya diberikan. Menurut William Sears, M.D., penulis The Family Nutrition Book, karoten sendiri merupakan fitonutrien penambah kekebalan yang berperan untuk meningkatkan produksi sel darah putih, melawan infeksi, antibodi yang melapisi permukaan sel, serta menghalangi virus. Sebisa mungkin batasi makanan olahan. Pilihlah makanan yang tepat sehingga anak Anda mendapatkan vitamin yang cukup, seperti Vitamin A dan E  yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan yang kuat.

  • Jadikan tidur sebagai prioritas

Untuk memaksimalkan kekebalan tubuh, anak-anak harus cukup tidur. Jika kurang, maka kemampuan tubuh untuk menghasilkan protein (sitokin) yang berperan untuk melawan infeksi dan mengurangi peradangan, tidak bisa bekerja dengan baik. Durasi tidur malam bervariasi berdasarkan usia anak. Misalnya untuk anak-anak prasekolah (usia 3-5), waktu tidur yang dibutuhkan antara 10 dan 13 jam. Sementara anak-anak usia 6-13 tahun harus mendapatkan antara 9 dan 11 jam. Kemudian remaja usia 14-17 membutuhkan antara 8 dan 10 jam setiap malamnya. 

  • Ajak anak untuk berolahraga

Ranjit Chandra, M.D., seorang ahli imunologi pediatrik di Memorial University of Newfoundland mengemukakan bahwa terdapat penelitian yang menunjukkan olahraga dapat meningkatkan jumlah sel pembunuh penyakit alami pada orang dewasa dan anak-anak. Agar lebih menyenangkan, berolahragalah bersama anak-anak secara rutin, seperti mengendarai sepeda, hiking, bola basket, dan tenis.

  • Berikan kebaikan nutrisi sarang walet

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan imun anak adalah dengan memberikan kebaikan nutrisi sarang walet yang sejak zaman dahulu telah dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kini, semua manfaat sarang walet dapat Anda temukan dalam program sehat Realfood.

Program sehat ini berupa minuman sehat sarang burung walet pertama di Indonesia yang disupervisi oleh ahli gizi dan nutrisi yang berpengalaman. Program sehat Realfood bisa bertahan selama 12 bulan dalam suhu ruangan sebelum dibuka dan sudah sesuai dengan standar ISO 22000 serta bersertifikat Halal dan BPOM, sehingga dapat dikonsumsi semua kalangan bahkan oleh penderita maag, karena dapat meredakan asam lambung.

Program sehat yang berdurasi minimal 12 hari ini, harus dikonsumsi secara rutin setiap hari saat perut sedang kosong, paling tidak satu jam sebelum sarapan atau tiga jam setelah makan malam, agar penyerapan zat-zat aktif dari program Realfood bisa maksimal. 

Kebaikan dari kandungan sarang walet untuk anak juga dapat Anda temukan dalam program sehat Realfood Stay Fit dengan kandungan asam amino tirosin dan asam amino lisin yang dapat membantu menjaga sistem imunitas pada anak-anak, meningkatkan penyerapan kalsium, menghambat virus influenza, serta membantu mempercepat penyembuhan penyakit.


Selain Stay Fit, Realfood juga mempunyai program sehat lain yang bisa membantu menjaga daya tahan dan sistem metabolisme tubuh yang lebih intens yaitu Royal Wellness. Selain manfaat tersebut, program sehat yang satu ini dapat membantu membantu mencegah berbagai penyakit dan baik untuk membantu percepatan penyembuhan penyakit karena Epidermal Growth Factor (EGF) yang membantu mempercepat proses regenerasi sel. 

Tidak hanya untuk imunitas anak dan metabolisme tubuh, kebaikan-kebaikan sarang burung walet juga dapat ditemukan di program sehat Realfood lainnya. Anda dapat menemukan kebaikan tersebut di program sehat Forever Young, Forever Young+, Wonder Mom dan Pure Wellness. 

Ternyata menjaga kesehatan imunitas anak tidak sulit, bukan? Selain keempat tips di atas, biasakan anak-anak Anda untuk selalu menjaga kebersihan dirinya dengan cara sering mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik untuk dapat menghilangkan bakteri dan virus serta mengurangi kemungkinan infeksi paru-paru hingga 45%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suplemen kesehatan sarang walet
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top