Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Monitor Corona, Kelebihan PeduliLindungi dari Tracetogether Singapura

Kementerian BUMN dan Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama membuat aplikasi PeduliLindungi dalam rangka menanggulangi serta mencegah virus Corona atau covid-19.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  13:03 WIB
Ilustrasi di situs pedulilindungi.id
Ilustrasi di situs pedulilindungi.id

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi PeduliLindungi diklaim memiliki kelebihan dibandingkan aplikasi tracetogether di Singapura.

Kementerian BUMN dan Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama membuat aplikasi PeduliLindungi dalam rangka menanggulangi serta mencegah virus Corona atau covid-19.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu mengatakan aplikasi tersebut hampir mirip dengan aplikasi bernama tracetogether, namun ada perbedaan pada aspek konfigurasi.

Menurut pria yang akrab disapa Nando tersebut, aplikasi PeduliLindungi memiliki kelebihan dalam melakukan tracing, tracking serta fencing untuk menanggulangi dan mencegah pandemi Covid 19 di Indonesia.

"Aplikasi tersebut bisa membantu masyarakat untuk saling menjaga dan melindungi, sehingga penularan Covid 19 bisa dihentikan," tutur Nando kepada Bisnis, Minggu (29/3/2020).

Menurut Nando, aplikasi itu kini tengah dalam tahap uji coba dan stressing test. Selain itu, dia mengatakan pihaknya juga masih menunggu persetujuan Presiden Jokowi untuk meresmikan nama aplikasi PeduliLindungi itu.

"Kita berharap Pak Presiden yang akan memberi nama resminya nanti," kata Nando.

Nando optimistis pekan depan aplikasi tersebut sudah mendapat nama resmi dari Presiden Jokowi dan bisa diunduh oleh pengguna ponsel pintar berbasis iOS maupun Android di Indonesia.

"Aplikasi  yang diperuntukan bagi masyarakat dan akan diberi nama oleh Bapak Presiden tersebut diharapkan secara aktif di-download melalui play store  atau appstore setelah diluncurkan minggu depan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top