Penderita flu/Istimewa
Health

Bedakan Gejala Virus Corona, Alergi, dan Flu Biasa

Desyinta Nuraini
Senin, 30 Maret 2020 - 11:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bersin atau batuk beberapa kali kini seakan menakutkan. Sebab gejala tersebut dikaitkan dengan gejala virus corona atau COVID-19.

Namun sejatinya, bersin maupun batuk juga menjadi tanda-tanda alergi atau flu biasa. Para profesional kesehatan serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah berbagi panduan untuk membedakan tanda-tanda infeksi COVID-19, alergi musiman dan flu. 

Melansir dari Metro.co.uk, gejala COVID-19 adalah demam dengan suhu di atas 38 derajat celsius dan batuk terus-menerus. COVID-19 adalah infeksi saluran pernapasan bagian bawah, yang berarti bahwa sebagian besar gejala dirasakan di dada dan paru-paru. 

Tentu, gejala ini berbeda dengan pilek biasa yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas, di mana si penderita akan mengalami hidung tersumbat yang sebagian besar tidak dialami penderita virus corona.

Sementara itu, bagi mereka yang alergi, terutama alergi terhadap serbuk sari dari bunga, biasanya akan melihat mengalami gejala yang meliputi bersin dan batuk, hidung beringus atau tersumbat, mata merah atau berair, sakit kepala dan kelelahan. Namun karena saat ini banyak orang mengisolasi diri di rumah, diprediksi ada penurunan gejala.

Memang, kebanyakan orang dengan COVID-19 memiliki gejala ringan dan dapat pulih di rumah tanpa perawatan medis dalam waktu 14 hari. 

Jika penderita memiliki gejala parah yang meliputi kesulitan menghirup napas, bernafas cepat (mengambil lebih dari 30 napas dalam satu menit), dan oksigen rendah dalam darah, disarankan segera hubungi layanan darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro