Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bedakan Gejala Virus Corona, Alergi, dan Flu Biasa

Bersin maupun batuk juga menjadi tanda-tanda alergi atau flu biasa. Para profesional kesehatan serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  11:07 WIB
Penderita flu - Istimewa
Penderita flu - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bersin atau batuk beberapa kali kini seakan menakutkan. Sebab gejala tersebut dikaitkan dengan gejala virus corona atau COVID-19.

Namun sejatinya, bersin maupun batuk juga menjadi tanda-tanda alergi atau flu biasa. Para profesional kesehatan serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah berbagi panduan untuk membedakan tanda-tanda infeksi COVID-19, alergi musiman dan flu. 

Melansir dari Metro.co.uk, gejala COVID-19 adalah demam dengan suhu di atas 38 derajat celsius dan batuk terus-menerus. COVID-19 adalah infeksi saluran pernapasan bagian bawah, yang berarti bahwa sebagian besar gejala dirasakan di dada dan paru-paru. 

Tentu, gejala ini berbeda dengan pilek biasa yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas, di mana si penderita akan mengalami hidung tersumbat yang sebagian besar tidak dialami penderita virus corona.

Sementara itu, bagi mereka yang alergi, terutama alergi terhadap serbuk sari dari bunga, biasanya akan melihat mengalami gejala yang meliputi bersin dan batuk, hidung beringus atau tersumbat, mata merah atau berair, sakit kepala dan kelelahan. Namun karena saat ini banyak orang mengisolasi diri di rumah, diprediksi ada penurunan gejala.

Memang, kebanyakan orang dengan COVID-19 memiliki gejala ringan dan dapat pulih di rumah tanpa perawatan medis dalam waktu 14 hari. 

Jika penderita memiliki gejala parah yang meliputi kesulitan menghirup napas, bernafas cepat (mengambil lebih dari 30 napas dalam satu menit), dan oksigen rendah dalam darah, disarankan segera hubungi layanan darurat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

flu Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top