Ilustrasi/Webmd
Health

Hari Balita, Ini Cara Melindungi Anak dari Virus Corona

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 8 April 2020 - 16:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menetapkan 8 April sebagai Hari Anak-Anak Balita. Fokus dalam pertumbuhan balita adalah masalah kesehatan termasuk masalah gizi buruk untuk itu upaya perbaikan gizi menjadi isu utama.

Hari Anak-Anak Balita tahun ini agak berbeda, yakni diperingati di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Oleh karena itu, lindungi Balita dengan selalu di rumah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Setiap orang tua bisa membicarakan dan memberikan pemahaman tentang virus Corona (Covid-19) kepada anaknya. Bicarakan dengan tenang dan sampaikan fakta sederhana yang menimbulkan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan dan menular melalui percikan bersin atau batuk.

“Optimalkan pengertian physical distancing (jaga jarak) dan pantau kesehatan anak menggunakan buku KIA,” dikutip dari laman resmi Twitternya @KemenkesRI, Rabu (8/4/2020).

Jangan takut bosan, selalu hadirkan suasana yang menyenangkan. Kemenkes juga memberikan tips ragam kegiatan yang bisa diterapkan selama karantina mandiri di rumah bersama balita.

1. Libatkan anak untuk menyiapkan makanan yang bergizi sesuai dengan isi piringku.

2. Hindari keramaian, tunda pesta ulang tahun dan lainnya

3. Ajarkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan etika batuk atau bersin

4. Berjemur sinar matahari bersama pada pagi hari, selama 10-15 menit

5. Libatkan anak membersihkan mainannya dengan cara menyenangkan

6. Batasi gadget karena beresiko terhadap kesehatannya. Jika diperkenalkan gadget batasi maksimal 60 menit per hari

Indonesia saat ini berada di urutan ke-38 untuk kasus positif Covid-19. Hingga Selasa sore (7/4/2020) jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 2.738 kasus. Ada penambahan 247 kasus baru jika dibandingkan hari sebelumnya. Untuk kasus meninggal jumlahnya mencapai 221 kasus. Kemudian, untuk kasus sembuh ada penambahan 12 kasus sehingga totalnya mencapai 204 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro