Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hidup Bukanlah Perkara Durasi, Tetapi Kontribusi

Saat sudah berkecukupan atau hidup dalam kelimpahan, terkadang manusia lupa memberikan perhatian lebih kepada orang-orang yang kurang beruntung.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 09 April 2020  |  14:41 WIB
 Ernest Prakasa - Instagram@ernestprakasa
Ernest Prakasa - Instagram@ernestprakasa

Bisnis.com, JAKARTA - Tak ada seorang yang mengetahui durasi kehidupannya selama berada di bumi. Maka hiduplah dengan penuh arti bagi sesama.

Dalam akun Instagram Ernest Prakasa tertulis kalimat, “Karena hidup bukanlah perkara durasi, tapi kontribusi.” Kalimat tersebut telah melekat sejak tiga tahun silam di informasi biografinya.

Rangkaian kata-kata tersebut sekaligus mengenang kepergian musisi Indonesia Glenn Fredly. Kabar mendadak itu meninggalkan duka mendalam bagi Ernest. Sang sutradara dan komika ini juga diingatkan kembali pada pemaknaan hidup yang harus diisi dengan kemanfaatan bagi orang lain.

Dalam podcast yang diunggah Ernest di akun Instagramnya pada Kamis (9/4/2020), Ernest berefleksi pada sosok Glenn Fredly yang begitu dikenang banyak orang baik lewat karya-karya musiknya, hingga jiwa sosialnya yang memberi manfaat bagi banyak orang.

"Dan gue inget lagi bio Twitter dan Instagram itu. Hidup ini soal kontribusi, bukan durasi [...] dan gue ngobrol sama istri dan kita membahas tentang hidup dan mati. Kalau hidup kita udahan kita nyesel gak ya, maksudnya ada penyesalan ga sih [...]," ucapnya dalam podcast tersebut.

Menurutnya, hidup harus dimaknai dan dijalani sebaik mungkin, terutama memberi kemanfaatan bagi orang lain.

Panjang usia seseorang, sambungnya, tidak ada yang mengetahui sehingga selama manusia masih diberi kehidupan, setiap orang harus menjalaninya sebaik mungkin.

Suami dari Meira Anastasia ini juga mengajak semua pendengar podcast-nya tersebut untuk merenungkan perjalanan hidup masing-masing, apakah sudah memberi manfaat bagi orang lain.

"Have we done our best? Kalau tiba-tiba hidup kita jatahnya sudah habis [meninggal]," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

glenn fredly tips bahagia glenn fredly meninggal
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top