Vitamin C/
Health

5 Nutrisi Penting Untuk Tubuh Selama di Rumah Aja

Newswire
Senin, 13 April 2020 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk meningkatkan imunitas tubuh, diperlukan asupan yang sehat supaya terhindar dari virus corona.

"Ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi, dan benar-benar dapat membantu sistem kekebalan tubuh," ujar ahli nutrisi Elizabeth Hill dari Cedar City Hospital.

Hill mengatakan kelima vitamin ini secara khusus ditujukan untuk membangun dan mempertahankan fungsi kekebalan tubuh dan paling baik diperoleh melalui makanan segar

Vitamin C

Vitamin C ada di daftar teratas karena jenis vitamin ini memiliki peran penting untuk membentuk antibodi dalam tubuh.

"Antibodi sangat penting karena ini adalah protein dalam tubuh yang berperang melawan infeksi dan bakteri yang masuk," jelas Hill.

Jeruk adalah salah satu buah yang sarat dengan vitamin C, serta paprika merah, pepaya, stroberi, jus tomat, dan bahkan brokoli.

Vitamin A

Vitamin A memiliki fungsi membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi, dengan menjaga kulit, jaringan di mulut, perut, usus dan sistem pernapasan tetap sehat.

"Salah satu gejala virus corona adalah masalah pernapasan. Jadi jika Anda dapat menjaga sistem pernapasan Anda dalam kondisi prima yang akan membantu secara keseluruhan," Hill menjelaskan.

Makanan seperti ubi, wortel, paprika merah, aprikot, bayam dan brokoli kaya akan vitamin A. Dia juga mengatakan beberapa bahan pangan seperti susu dan sereal juga diperkaya dengan vitamin A.

Vitamin D

Tubuh menggunakan vitamin D untuk melawan bakteri dan virus, selain mempertahankan tulang yang kuat dengan membantu penyerapan kalsium.

"Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk melawan virus kapan pun," kata Hill. Walaupun vitamin D secara alami hanya ditemukan dalam beberapa makanan seperti salmon dan jamur, vitamin D juga sering ditemukan dalam susu dan diperkaya dengan sereal, roti, serta jus jeruk.

Hill menambahkan bahwa meskipun orang juga bisa mendapatkan vitamin D dari matahari, penting untuk mendapatkannya melalui makanan.

Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu antioksidan penting yang berjuang melawan kerusakan sel. "Kami menemukan vitamin ini terkandung pada biji bunga matahari, selai kacang dan kacang almond," katanya.

Zinc atau seng

Zinc banyak ditemukan dalam daging tanpa lemak, makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu. Zink adalah antioksidan lain yang meningkatkan metabolisme dan membantu menyembuhkan luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro