Kondisi di salah satu supermarket di daerah Jonkoping, Swedia, pada Jumat (13/3/2020) pagi WIB. Ada sejumlah barang yang banyak dibeli masyarakat Swedia, tapi kondisi di sana cenderung tenang dan tak ada kepanikan. Istimewa
Entertainment

Putri Sofia dari Swedia Terjun Langsung Bantu Petugas Medis

Krizia Putri Kinanti
Sabtu, 18 April 2020 - 09:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika pandemi Virus Corona atau Covid-19 terus mempengaruhi orang-orang di seluruh dunia, satu anggota keluarga kerajaan mengambil langkah besar untuk membantu orang-orang di garis depan. Ia adalah Putri Sofia dari Swedia.

Setelah menyelesaikan program pelatihan intensif online, Putri Sofia mulai bekerja di Rumah Sakit Sophiahemmet, "Putri Sofia bukan hanya menjadi kursi kehormatan di rumah sakit ini, tetapi sekarang juga bekerja dengan kami," ujar rumah sakit itu dikutip dari Eonline.com, Sabtu (18/4/2020).

Dalam pernyataannya, rumah sakit tersebut menambahkan bahwa terjunnya Putri Sofia untuk meringankan tugas para petugas medis yang sedang bekerja keras.

Sang Putri sendiri membenarkan berita tersebut ketika mengunggah foto pakaian kerja barunya. "Minggu lalu, saya menjalani pendidikan kedokteran dengan jurusan kesehatan, perawatan di @sophiahemmet. Dalam rangka tanggap darurat, saya sekarang ditempatkan di salah satu unit perawatan rumah sakit di mana, bersama dengan rekan-rekan yang baru dilatih, saya mendukung dan meringankan staf perawatan dengan berbagai tugas, termasuk perawatan pasien dan pembersihan."

Sementara dia baru saja memulai tugas barunya, Putri Sofia sudah menyebut pengalaman itu "sangat bermanfaat." Bantuannya juga datang pada waktu yang sangat dibutuhkan. Rumah sakit itu telah kewalahan karena meningkatnya pasien yang sakit. Akibatnya, program pelatihan darurat telah diluncurkan dengan hampir 80 orang dalam seminggu menyelesaikan kursus yang Putri Sofia ambil untuk membantu.

"Dalam krisis yang kita alami, sang Putri ingin terlibat dan memberikan kontribusi sebagai pekerja sukarela untuk meringankan beban kerja besar para profesional perawatan kesehatan," kata Royal Court.

Publikasi ini juga melaporkan bahwa Putri Sofia tidak akan bekerja secara langsung dengan pasien. Sebaliknya, dia akan mendukung dokter dan perawat. "Mereka dapat mendisinfeksi peralatan, melakukan pekerjaan di dapur dan membersihkan," juru bicara rumah sakit menjelaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro