Gejala kanker ovarium10/boldsky.com
Health

Begini Penanganan Kanker Ovarium Saat Pandemi

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 22 April 2020 - 06:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selama masa pandemi Covid-19 masih ada sejumlah penyakit kronis yang membutuhkan akses fasilitas kesehatan, salah satunya kanker. 

Menurut Dr. dr. Brahmana Askandar, SpOG(K) dari RSUD Dr. Sutomo, Surabaya menjelaskan kanker ovarium memiliki dua jenis yang bisa diberlakukan secara berbeda selama masa pandemi.

Untuk kanker ovarium stadium dini, Brahmana menjelaskan masih ada peluang untuk menunda pengobatan. Langkah menunda pengobatan pun hanya boleh diambil jika sudah mempertimbangkan berbagai faktor.

“Prognosis, keadaan umum, dan penyakit komorbid,” jelas Brahmana dalam Webinar Seri 1 soal Covid-19 dan Kesehatan Reproduksi, Selasa (21/4/2020).

Sementara itu kanker ovarium stadium lanjut menurut dr. Brahmana tidak bisa mengambil opsi menunda pengobatan. Dia menjelaskan, beberapa jenis pengobatan yang harus dipertimbangkan bagi pasien kanker ovarium misalnya; pemberian kemoterapi neoajuvan. Selain itu, kemoterapi neoajuvan juga dapat diberikan sampai 6 siklus.

“Jika diperlukan penindakan barulah operasi,” ungkap Brahmana.

Sementara itu, pasien kanker ovarium pasca melakukan kemoterapi ajuvan juga harus melalui proses follow up atau check-up kesehatan tanpa harus terapi.

Secara lebih rinci, dr. Brahmana menjelaskan, kanker ovarium rekuren juga perlu mempertimbangkan pemberian kemoterapi. Adapun kemoterapi untuk kanker ovarium selama pandemi ini, harus disusun dengan interval lebih lama. Misalnya setiap 3 minggu dengan dosis terukur.

“Dosis dihitung dengan akurat sehingga mengurangi risiko komplikasi darah yang harus dirawat inap di rumah sakit,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro