Ilustrasi kanker payudara/Istimewa
Health

Mitos Kanker, dari Tak Bisa Sembuh hingga Soal Biaya Mahal

Newswire
Senin, 15 Juli 2019 - 23:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penyakit kanker jadi salah satu alasan kematian terbesar di seluruh dunia. Maka tak heran berbagai informasi yang beredar di dunia maya pun banyak yang membahas tentang penyakit akibat pertumbuhan sel-sel abnormal itu.

Sayangnya, tidak semuanya benar dan justru menimbulkan rasa bingung di antara pasien. Dokter ahli penyakit dalam dan onkologi, Ronald A. Hukom, menyebut beberapa beberapa kabar yang salah, beserta dengan penjelasannya.

Berikut adalah empat mitos di antaranya.

Kanker tidak bisa sembuh

Meski kanker selalu dikaitkan dengan kematian, namun bukan berarti ia tidak bisa disembuhkan. Walaupun begitu, Ronald menggarisbawahi pentingnya deteksi dini guna penanganannya dan angka kesembuhan yang lebih besar.

Pasalnya, banyak pasien kanker, khususnya di Indonesia yang mengetahui penyakitnya setelah stadium lanjut sehingga kemungkinan untuk hidup pun semakin rendah.

“Bisa sembuh. Di Amerika dan Inggris juga sudah sering meneliti tentang bagaimana angka kesembuhan naik setiap tahunnya bagi pasien kanker secara umum,” katanya dalam acara Penatalaksanaan Kanker di Era BPJS Kesehatan di Jakarta pada Senin (15/7/2019), seperti dilansir Tempo.co.

Kanker tidak ada obatnya

Memang, dahulu tidak pernah ada obat untuk menyembuhkan kanker. Meski demikian, dengan kemajuan teknologi dan kecerdasan berbagai ahli kesehatan, obat untuk kanker pun akhirnya ada, khususnya untuk kanker payudara.

Ronald mengatakan bahwa Indonesia juga telah memiliki obat ini. “Diberi pertuzumab, trastuzumab, dan docetaxel saja sembuh. Asalkan tadi, masih di stadium awal,” katanya.

Kanker hanya diderita oleh masyarakat di negara maju

Hal ini memang benar adanya. Ronald mengatakan bahwa saat ia ditugaskan di daerah pedesaan Indonesia Timur, ia tidak menemukan satu orang pun dengan penyakit kanker.

Rupanya, salah satu alasan mengapa kanker hanya diderita masyarakat di negara maju dan bukan pada negara menengah atau tidak berkembang ialah faktor gaya hidup yang malas mengkonsumsi sayur dan buah, serta merokok.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa kini, kanker telah masuk juga ke negara berkembang. “Pada 2018, Indonesia yang negara berkembang buktinya sudah memiliki 350.000 pasien dengan sakit kanker. Jadi sudah tidak relevan lagi pernyataan kalau kanker hanya untuk negara maju,” katanya.

Biayanya mahal dan terlalu banyak halangan untuk pengobatan

Menurut Ronald, hal ini sama sekali tidak benar. Khususnya di Indonesia, di mana perlindungan kesehatan seperti BPJS sudah disediakan, masyarakat pun tidak perlu lagi mengocek banyak biaya.

Dengan begitu, yang harus dipikirkan selanjutnya bukan lagi soal uang, namun lebih kepada niat pasien untuk berobat dan meraih kesembuhan. “Yang penting mau sembuh. Biaya kan sudah sama pemerintah, jadi tinggal usaha saja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro