Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cara Melatih Anak Berpuasa yang Menyenangkan

Orang tua boleh memperkenalkan puasa kepada anak, saat telah memasuki usia empat tahun.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 24 April 2020  |  19:51 WIB
Ibu peluk anak - istimewa
Ibu peluk anak - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian orangtua sudah mengenalkan puasa kepada anak-anaknya. Puasa merupakan rukun Islam ketiga yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat Muslim yang sudah baligh.

Puasa tidak wajib bagi anak-anak, tetapi orang tua tetap harus mengajarkan anak untuk berpuasa sejak dini sehingga anak akan lebih mudah ketika harus wajib berpuasa.

Namun, pada usia berapa idealnya anak-anak bisa dilatih untuk berpuasa? Berdasarkan informasi dari Pediatrica Gadjah Mada yang dikutip dari laman sahabatkeluarga kemdikbud, orangtua boleh memperkenalkan puasa saat anak telah memasuki usia empat tahun. Tentu pengenalannya harus dilakukan secara bertahap.

Pertama, latihlah anak untuk makan sahur bersama dan berpuasa selama beberapa jam dalam beberapa hari. Kemudian pada minggu berikutnya, berikan rentang waktu berpuasa yang lebih lama seperti setengah hari. Jika anak cukup kuat, maka latih hingga sampai waktu berbuka. Namun, ini harus disesuaikan dengan usia dan tumbuh kembang anak.

Kedua, tidak ada salahnya untuk memberikan anak motivasi dan pujian setelah anak berhasil melewati satu hari puasa. Meski hanya mampu berpuasa selama beberapa jam tetapi orang tua harus tetap menghargai usahanya.

Beri pujian atau hadiah dalam bentuk ciuman dan pelukan yang membuatnya semangat untuk kembali berpuasa di esok hari. Selain itu, berikan pengertian kepada anak mengenai makna dan manfaat berpuasa.

Ketiga, ciptakan suasana sahur yang menyenangkan dengan menu-menu makanan khusus yang mengundang selera makan anak. Pada siang hari, ciptakan kegiatan dan aktivitas bermain yang menarik dan tidak menguras tenaga sehingga anak lupa bahwa dia sedang berpuasa.

Keempat, jangan memaksa anak jika beberapa hari kemudian dia sudah tidak tertarik ikut berpuasa. Jika memang mereka tidak ingin melakukannya, hargai keputusan anak sehingga kita sebagai orang tua akan lebih mudah untuk memotivasinya kembali berpuasa di tahun berikutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak Puasa Virus Corona Tips Puasa
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top