Ilustrasi/Visagecenter
Health

Bibir Pecah-pecah Saat Puasa, Ini Tips Mengatasinya

Newswire
Selasa, 28 April 2020 - 00:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama Ramadan, salah satu keluhan seputar kecantikan yang paling sering didengar adalah bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir memang sangat rentan menjadi kering, karena tidak seperti area kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya.

Selain itu, kulit bibir ternyata 15 kali lebih tipis dari kulit lain di tubuh kita, sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra, terutama selama bulan suci saat tingkat hidrasi berada pada titik terendah.

Untungnya, ada beberapa cara untuk membantu Anda melawan kulit yang keriput, dehidrasi, dan bibir kering seperti dilansir dari ArabNews.

1. Minum banyak air

Cara terbaik untuk memerangi bibir kering yang pecah-pecah adalah dengan meningkatkan asupan air selama berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air per hari akan membuat Anda tetap terhidrasi.

Selain minum banyak air putih, konsumsi sup sayur dan banyak buah juga berperan penting untuk meningkatkan hidrasi. Kalau sedang puasa, maka minumlah saat berbuka puasa dan sahur.

2. Gunakan scrub bibir

Pengelupasan bibir dengan menggunakan scrub dapat membantu membuat bibir lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembaban alaminya.

Anda bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur seperti madu, minyak kelapa, dan gula dengan jumlah yang sama. Campur seluruh bahan, dan oleskan campuran itu ke bibir Anda secara perlahan. Setelah melakukan scrubing pada bibir, jangan lupa kenakan pelembap bibir.

3. Kenakan masker bibir

Masker bibir memiliki bentuk lembaran yang mirip dengan masker mata. Biasanya masker bibir mengandung aneka bahan yang melembabkan seperti asam hialuronat, shea butter, dan vitamin E.

Untuk menggunakannya, letakkan lembar berbentuk bibir di mulut Anda selama 10 menit. Kemudian, lepaskan lembaran masker dan biarkan sisa serum meresap ke dalam kulit bibir Anda untuk hasil kulit bibir yang lebih halus.

4. Gunakan pelembab udara

Udara kering seperti terlalu lama dalam ruangan ber-AC dapat menghilangkan kelembaban dari kulit. Pertimbangkan untuk memasukkan pelembab udara ke dalam ruangan untuk menambahkan kelembaban yang sangat dibutuhkan ke udara.

5. Berhenti menjilat bibir Anda

Kita cenderung menjilat bibir untuk meredakannya dari kekeringan, tetapi itu justru mengeringkannya. Air liur tidak hanya mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir, tetapi juga menjilati bibir secara terus-menerus akan menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit.

Sebaliknya, gunakan pelembab bibir yang dapat melembabkan, menyehatkan dan menenangkan bibir kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro