Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CEK FAKTA: Apakah Ada Virus Corona di Rokok Sampoerna?

Virus corona (Covid-19) bisa hidup di kertas hingga 5 hari. Bagaimana dengan kertas rokok yang dijadikan pembungkus tembakau?
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 01 Mei 2020  |  17:04 WIB
Merokok - boldsky.com
Merokok - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Munculnya pekerja pabrik rokok Sampoerna yang terinfeksi virus corona (Covid-19), membuat perokok semakin gelisah untuk mengonsumsi rokok.

Berapa harikah virus corona mampu bertahan permukaan yang berbahan kertas? Dalam studi yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus tersebut mampu hidup stabil pada permukaan kaca hingga 96 jam atau setara dengan empat hari.

Sementara itu, lama waktu virus corona bertahan di kertas sangat bervariasi. Ada yang bertahan hanya beberapa menit, tetapi ada yang bisa hidup hingga 5 hari.

Baru-baru ini, telah ada dua pekerja di pabrik rokok Sampoerna yang meninggal karena terinfeksi virus corona. Kini pemerintah melalui tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim melakukan penelusuran terhadap sekitar 500 karyawan pabrik rokok Sampoerna.

Semua karyawan mengikuti rapid test dan hasilnya sebanyak 98 orang dinyatakan reaktif (positif) virus corona. Selanjutnya juga dilakukan pemeriksaan swab dan sampai sekarang masih menunggu hasilnya.

Dari 98 orang karyawan, sebanyak 91 orang di antaranya hingga kini diisolasi di sebuah hotel di Surabaya. Sedangkan tujuh orang lainnya menjalani rawat inap di rumah sakit karena mengalami gejala klinis virus corona.

Dalam siaran pers, Direktur PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) Elvira Lianita dalam siaran persnya mengatakan manajemen telah menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik Rungkut 2, Surabaya, sejak 27 April 2020 sampai dengan waktu yang ditentukan.

Untuk menghentikan penyebaran virus corona, maka Sampoerna melakukan karantina untuk rokok yang diproduksi.

"Kami akan melakukan karantina terhadap produknya sedikitnya selama 5 hari atau 2 hari lebih lama dari batas stabilitas lingkungan Covid-19 sebelum produk didistribusikan ke pasar."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona pabrik rokok merokok sampoerna
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top