Merokok/boldsky.com
Health

CEK FAKTA: Apakah Ada Virus Corona di Rokok Sampoerna?

Novita Sari Simamora
Jumat, 1 Mei 2020 - 17:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Munculnya pekerja pabrik rokok Sampoerna yang terinfeksi virus corona (Covid-19), membuat perokok semakin gelisah untuk mengonsumsi rokok.

Berapa harikah virus corona mampu bertahan permukaan yang berbahan kertas? Dalam studi yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus tersebut mampu hidup stabil pada permukaan kaca hingga 96 jam atau setara dengan empat hari.

Sementara itu, lama waktu virus corona bertahan di kertas sangat bervariasi. Ada yang bertahan hanya beberapa menit, tetapi ada yang bisa hidup hingga 5 hari.

Baru-baru ini, telah ada dua pekerja di pabrik rokok Sampoerna yang meninggal karena terinfeksi virus corona. Kini pemerintah melalui tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim melakukan penelusuran terhadap sekitar 500 karyawan pabrik rokok Sampoerna.

Semua karyawan mengikuti rapid test dan hasilnya sebanyak 98 orang dinyatakan reaktif (positif) virus corona. Selanjutnya juga dilakukan pemeriksaan swab dan sampai sekarang masih menunggu hasilnya.

Dari 98 orang karyawan, sebanyak 91 orang di antaranya hingga kini diisolasi di sebuah hotel di Surabaya. Sedangkan tujuh orang lainnya menjalani rawat inap di rumah sakit karena mengalami gejala klinis virus corona.

Dalam siaran pers, Direktur PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) Elvira Lianita dalam siaran persnya mengatakan manajemen telah menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik Rungkut 2, Surabaya, sejak 27 April 2020 sampai dengan waktu yang ditentukan.

Untuk menghentikan penyebaran virus corona, maka Sampoerna melakukan karantina untuk rokok yang diproduksi.

"Kami akan melakukan karantina terhadap produknya sedikitnya selama 5 hari atau 2 hari lebih lama dari batas stabilitas lingkungan Covid-19 sebelum produk didistribusikan ke pasar."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro