Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Yuk, Intip Robot Ultraviolet untuk Disinfeksi Virus dan Bakteri

Sinar ultraviolet gelombang pendek (UVC) bisa membunuh atau menonaktifkan mikro organisme dengan menghancurkan nucleic acids dan mengganggu DNA virus.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  18:41 WIB
Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) untuk sterilisasi memanfaatkan sinar ultraviolet tipe C atau yang disingkat dengan UVC, dengan panjang gelombang 254nm. - istimewa
Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) untuk sterilisasi memanfaatkan sinar ultraviolet tipe C atau yang disingkat dengan UVC, dengan panjang gelombang 254nm. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Inovasi terbaru di bidang kesehatan muncul di tengah pandemi Covid-19, yakni robot disinfeksi peralatan kesehatan yang bernama Mediland Hyperlight Disinfection Robot.

Mediland Hyperlight Disinfection Robot merupakan teknologi robot yang secara spesifik didesain oleh produsen alat kesehatan Surgika Alkesindo untuk mencegah  Healthcare-Associated Infection (HAI) pada setiap fasilitas kesehatan dengan menggunakan metode disinfeksi Ultraviolet Germicidal Irradiation (UVGI).

Direktur Utama Surgika Alkesindo dr. Handy Gunawan mengatakan metode ini menggunakan sinar ultraviolet gelombang pendek (UVC) untuk membunuh atau menonaktifkan mikro organisme dengan menghancurkan nucleic acids dan mengganggu DNA mereka sehingga menyebabkan mereka tidak dapat melakukan fungsi selular yang vital.

“Virus dan bakteri menyebabkan semakin tingginya bahaya kontaminasi yang mengakibatkan dunia semakin rentan. Ancaman ini tentu saja menimbulkan implikasi serius karena kontaminasi patogen berbahaya ini juga dapat terjadi di rumah sakit, yang disebut sebagai HAI, pada setiap peralatan kesehatan di rumah sakit maupun klinik," tutur Handy.

Handy menjelaskan Mediland Hyperlight Disinfection Robot terdiri dari enam lampu amalgam ultra violet (UV) dan teknologi reflektor berputar yang dipatenkan untuk mendistribusikan secara efektif output UV-C ke area sekitarnya guna menonaktifkan dan membunuh mikro organisme.

Dia mengklaim Mediland Hyperlight Disinfection Robot dapat dengan mudah digunakan lantaran cepat dan tidak memancarkan ozone, serta tidak meninggalkan residu berbahaya sehingga aman bagi lingkungan sekitarnya.

Lebih lanjut, Handy menyebut berdasarkan jurnal kesehatan yang diterbitkan pada Pubmed tahun 20181, The US Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengidentifikasi sekitar 1.7 juta pasien dirawat di rumah sakit terpapar infeksi HAI, dan lebih dari 98.000 pasien meninggal karena infeksi ini (satu di antara 17).

"Risiko ini meningkat seiring dengan terjadinya pandemi covid-19, di mana keselamatan para tenaga medis sebagai garda terdepan menjadi taruhan. Oleh karenanya, dibutuhkan solusi untuk mengurangi risiko HAI yang efektif membunuh patogen dan juga aman bagi tenaga medis dan pasien" tegas Handy.

 Robot Ultraviolet untuk Disinfeksi Virus dan Bakteri

Robot Ultraviolet untuk Disinfeksi Virus dan Bakteri./istimewa

Berkaitan dengan pandemi Covid-19, yang disebabkan strain terbaru virus SARS-CoV, SARS-CoV-2, sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Virological Methods 121 (2004) 85 – 91 menyimpulkan bahwa penggunaan UVC selama 15 menit membuat virus SARS sepenuhnya non aktif.

Temuan berikut merupakan bekal yang sangat penting dalam perang melawan Covid-19 saat ini. Handy mengingatkan dalam perang melawan Covid-19, penting mensterilkan ruang ganti di rumah sakit atau klinik setiap satu jam sekali.

"Karena ruangan tersebut merupakan tempat membuka Alat Pelindung Diri (APD) menjadikannya sangat rentan terjadi infeksi virus dan selain itu jika melepaskan APD dengan cara yang salah juga dapat mengakibatkan virus beterbangan di ruang ganti," ungkapnya.

Kemudian untuk menekan penyebaran Covid-19 penggunaan Mediland Hyperlight Disinfection Robot menurut Handy tidak terbatas pada rumah sakit atau klinik.

Robot tersebut juga bisa digunakan untuk fasilitas umum ataupun kendaraan umum seperti pesawat terbang, MRT, dan bus, serta perkantoran  di mana resiko penularan virus juga tinggi dapat menggunakannya untuk sterilisasi peralatan, dan ruangan di area tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lipi ultraviolet robot
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top